detikfood
Rabu, 01/05/2013 16:56 WIB

Rekomendasi Redaksi

Wah, Gurih Enak Bebek Goreng Plus Sambal di Tiga Tempat Ini!

Fitria Rahmadianti - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Restoran
Minuman dan Bahan Minuman
thumbnail Foto: Detikfood
Bosan dengan ayam goreng? Cobalah begor alias bebek goreng yang kini populer. Disajikan dengan nasi hangat, sambal pedas menggigit, dan lalapan. Gurih-gurih pedas dan enak. Hati-hati ketagihan citarasa gurih dagingnya dan renyah kulitnya!

Sekilas, daging ayam dan daging bebek tampak mirip. Namun, mengolah daging bebek lebih sulit dan waktu memasaknya lebih lama. Pasalnya, teksturnya lebih liat dan aromanya lebih amis karena mengandung cukup banyak lemak.

Meski demikian, jika diolah dengan benar, daging bebek akan terasa empuk. Apalagi dagingnya lebih berlemak dan lebih gurih daripada ayam. Tak heran, banyak orang menggemari sajian unggas ini meski harganya lebih mahal daripada ayam.

Bebek bisa digoreng, dibakar, atau diolah menjadi hidangan lain. Restoran yang menyajikan menu khusus bebekpun sudah banyak bermunculan dan berekspansi dengan membuka banyak cabang. Beberapa nama yang populer akan kelezatannya adalah Bebek H. Slamet, Pondok Suryo Begor, dan Raja Begor.

Bebek H. Slamet berasal dari Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Di sini, bebek goreng (Rp 21.000) disajikan dengan sambal koreknya yang terkenal. Adapula lalapan berupa daun pepaya, mentimun, dan kemangi.

Warna bebek gorengnya cokelat tua kehitaman. Bagian luarnya terasa cukup renyah dan tak berminyak. Meski digoreng kering, bagian dalamnya yang berwarna pink pucat kecokelatan masih terasa empuk. Sedikit ada semburat manis yang sedap.Wah, bumbunya terasa sampai ke dalam!

Sambal koreknya yang diulek kasar disajikan di piring tanah liat. Memakai cabai rawit merah dan hijau, diberi minyak dari lemak bebek, dan disajikan bersama jeruk limau. Wangi bawang putih terdeteksi dengan pedas cabai rawit yang cukup menggigit. Siraman minyak bekas menggoreng bebek menambahkan rasa gurih ke sambalnya. Ditambah air jeruk limau yang asam segar dan wangi, sambal ini semakin mantap!Next

(odi/fit)

Halaman 1 2 3

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).