detikfood
Selasa, 30/04/2013 06:07 WIB

Sarapan Telur Dadar Daun Bawang Untuk Stamina Pagi Hari

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Coklat dan Permen
thumbnail Foto: avocadopesto
Kalau ingin praktis sarapan saja telur ayam. Dikocok dengan daun bawang cincang, aromanyapun jadi semerbak. Kalau mau gurih dan asin bisa tambahkan sedikit bawang putih cincang dan garam.

Membuat telur dadar sangatlah mudah. Hidangan praktis ini hanya membutuhkan sebutir telur ayam yang dikocok bersama irisan daun bawang. Sekilas memang mirip omelet telur. Namun menu sarapan praktis ini kaya akan nutrisi bahkan bisa meningkatkan stamina tubuh.

Per 100 gram butir telur ayam menyimpan kalori sebesar 154 kkal energi, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak dan 0,7 gram karbohidrat. Semua nutrisi ini dapat bermanfaat dalam membantu pembentukan otot dan juga pembentukan energi.

Kandungan nutrisinyapun makin komplit jika ditambahkan daun bawang. Pasalnya kandungan nutrisi per 100 gram daun bawang terdiri dari, 29 kkal energi, 1,8 gram protein dan 0,7 gram lemak.

Tiap bagian daun bawang mengandung nutrisi yang berbeda. Pada batangnya mengandung serat larut, sedangkan daunnya yang hijau mengandung asam folat yang baik dikonsumsi wanita hamil. Daun bawang juga bersifat sebagai anti-bakteri dan banyak mengandung vitamin C yang baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Dua makanan bernutrisi ini sangat baik dikonsumsi di pagi hari. Bisa ditambahkan sedikit nasi ataupun kentang rebus. Jika bosan, nikmati langsung dibubuhi dengan kecap manis ataupun saus tomat. Sarapan bernutrisi ini dijamin dapat memenuhi asupan energi untuk menjalankan kegiatan di pagi hari.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).