detikfood

Minggu, 28/04/2013 11:15 WIB

Konsumsi Alkohol Berlebihan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Remaja

- detikFood
Jamu
  • Habbatussaudana
  • Zait Zaitun
  • Zait Saudana
Flavor
Susu, Keju dan Es Krim
thumbnail Foto: Thinkstock
Efek konsumsi alkohol tidak hanya sekedar memabukkan. Tim peneliti menemukan bahwa konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan perubahan drastis pada sirkulasi darah. Hal ini meningkatkan risiko serangan jantung bahkan pada remaja dewasa yang sehat.

Binge drinking atau konsumsi alkohol berlebihan didefinisikan sebagai konsumsi minuman alkohol lebih dari 5 gelas dalam waktu dua jam untuk pria dan lebih dari empat gelas dalam rentang waktu dua jam untuk wanita.

"Konsumsi alkohol dalam jumlah besar secara rutin merupakan salah satu masalah kesehatan serius yang banyak dilakukan di lingkungan kampus dan menjadi kebiasaan yang merusak tubuh," tutur Professor Shane Phillips, Associate Head of Physical Therapy University of Illinois at Chicago kepada Daily Mail (28/04/2013).

Meneguk alkohol berlebihan bisa meracuni syaraf dan data penelitian tersebut mendukung bahwa kebiasaan tersebut berakibat pada meningkatnya risiko serangan jantung pada golongan remaja dewasa.

Survey memperlihatkan bahwa mahasiswa berumur 18-25 tahun mempunyai
tingkat tertinggi dalam binge drinking.

Tim peneliti dari University of Illinois meneliti dua grup mahasiswa, grup yang mempunyai sejarah konsumsi alkohol berlebihan dan grup yang tidak rutin mengonsumsi alkohol.

Dalam hasil penemuan yang dipublikasikan di Journal of the American College of Cardiolog menyebutkan rata-rata mahasiswa melakukan binge drinking enam kali sebulan selama 4 tahun. Grup yang tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan diindikasikan tidak mengkonsumsi lebih dari 5 minuman tahun sebelumnya.Next

(odi/fit)

Halaman 1 2


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).