detikfood

Kamis, 25/04/2013 12:57 WIB

Jus Sayuran Lebih Mudah Dicerna daripada Sayuran Segar?

Fitria Rahmadianti - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Rumah Potong Hewan
Jamu
thumbnail Foto: Thinkstock
Bicara tentang konsumsi buah, sebagian besar pakar diet akan merekomendasikan buah segar dibandingkan jus. Pasalnya, jus tak memiliki serat seperti dalam buah utuh. Namun, tampaknya aturan ini sedikit berbeda pada sayuran.

Secara umum kita dianjurkan menyantap 2-3 cangkir sayuran sehari. Bagaimanapun juga, jumlah tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung aktivitas dan ciri fisik kita.

Jus sayuran adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi dalam sayur. Minuman menyehatkan ini juga menjadi alternatif olahan sayur selain dimasak atau disantap mentah. Namun, berbeda dengan buah yang memiliki rasa manis alami, sayur cenderung terasa hambar atau pahit. Agar rasa jus sayuran enak, perlu ditambahkan macam-macam bahan.

Baik sayuran yang dimakan maupun diminum akan memberikan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit. Namun, menurut situs Health Me Up (24/04/13), jus sayuran akan memberikan lebih banyak nutrisi dibanding memakan sayuran. Mengapa?

Makanan padat seperti sayuran utuh memerlukan waktu beberapa jam untuk dipecah dan diurai, barulah sayuran memberikan nutrisi kepada tubuh. Jus tak memerlukan waktu selama itu, sehingga lebih mudah dan cepat.

Proses membuat jus akan membuang bagian-bagian kasar pada sayuran, termasuk pula seratnya. Hal ini membuat jus sayuran lebih mudah diserap tubuh. Karena itulah nutrisi tersedia secara instan ke seluruh susunan sel di tubuh. Pengerahan tenaga ke bagian sistem pencernaan juga sangat cepat.

Bagaimanapun juga, jangan hanya meminum jus sayuran dan berhenti menyantap sayuran utuh. Tubuh membutuhkan serat pangan. Meskipun tak memiliki nilai gizi, serat berperan sebagai pembersihan saluran pencernaan dan usus.

Anda bisa mendapatkan serat dari makanan dan sayuran. Secangkir wortel mentah, misalnya, mengandung sekitar 7 gram serat. Hal ini bertolak belakang dengan jus wortel yang nyaris tak memiliki serat. Karena itu konsumsi sayuran segar dengan jus sayuran harus seimbang.
(odi/fit)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close