detikfood
Kamis, 25/04/2013 12:30 WIB

Sedep Tenan! Sop Ayam Khas Klaten Racikan Pak Min

Odilia Winneke - detikFood
thumbnail Foto: Detikfood
Meskipun tanpa wortel dan kentang, sop ayam ini rasanya gurih enak. Kaldu dan ayam memang yang jadi andalan. Kuahnya sedikit keruh dengan taburan seledri dan bawang merah. Dengan Rp.5000 saja sudah bisa menikmati sop ayam plus nasi hangat.

Berada di wilayah Surakarta dan ingin mencicipi sajian yang hangat, pasti teringat Sop Ayam Pak Min. Pasalnya, sop ayam dari daerah Klaten ini sekarang sudah punya belasan cabang di Yogyakarta, Boyolali, Solo, Sragen, Semarang dan Purwokerto

Konon sudah sejak 50 tahun sop ayam ini ada di Klaten dan rasa sopnya juga sama hingga kini. Setelah sekian lama tidak mencicipi sop ini, kami mampir di salah satu cabangnya di Solo.

Tampilan warung makannya sederhana. Bangku-bangku panjang dan di sudut kanan terdapat gerobak untuk meracik sop ayam. Di salah satu sisi tembok yang bercat hijau terpampang foto Pak Min dan istrinya.

Ayam kampung yang sudah direbus, dipotong-potong kemudian disiram kuah. Khusus untuk uritan (telor muda), sudah diiris-iris di dalam mangkuk-mangkuk tinggal menyiram dengan kaldu panas. Daftar menunya juga tak panjang. Semua bagian ayam bisa dipesan tergantung selera.

Bisa pesan sop biasa, sop daging ayam, uritan (telor muda), kulit, dada pechok, cakar, paha, tepong (paha atas), kepala, sayap dan brutu (pantat ayam). Harganya mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000, tergantung bagian ayam yang dipilih. Yang paling murah nasi sup ayam Rp. 5.000 dan yang paling mahal nasi sop dada penchok Rp. 15.000.

Jangan membayangkan sop ayam gaya orang kota, yang diberi isian wortel, kentang, tomat dan makaroni. Sop ayam racikan pak Min ini sangat sederhana. Hanya potongan bagian daging ayam plus kuah saja. Pelengkap satu-satunya hanya bawnag merah dan daun seledri yang dicincang kasar.Next

(odi/fit)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).