detikfood

Selasa, 23/04/2013 16:46 WIB

Rekomendasi Redaksi

Mana Bakpia Kacang Hijau Paling Lembut dan Legit?

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Mana Bakpia Kacang Hijau Paling Lembut dan Legit? Foto: Thinkstock
Mengudap bakpia bersama secangkir teh atau kopi bisa jadi teman santai saat sore. Tekstur adonan yang kering dan berlapis, berisi kacang hijau kupas. Rasanya legit empuk. Jangan kaget kalau satu buahpun terasa kurang

Bakpia merupakan camilan atau jajanan yang berisi kacang hijau dan gula. Kemudian dibungkus dengan adonan tepung yang tipis. Kemudian dimatangkan dengan dipanggang, sehingga bagian tengah permukaan adonan menjadi kecokelatan.

Istilah bakpia sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu “bak” yang berarti daging dan “pia” yaitu kue. Jika disatukan berarti roti berisi daging. Meskipun berasal dari China, namun kota asal bakpia yang terkenal adalah Yogyakarta di desa Pathok.

Karena itulah banyak yang menjajakan bakpia dengan nama Pathok. Produk bakpianya terkenal dengan adonan kulit yang agak keras dan padat. Untuk isiannya tersedai berbagai macam varian ada kacang hijau, kacang hitam, cokelat dan keju.

Berbagai merk bakpia khas Yogyakarta dijajakan dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Detikfood telah mencicipi empat jenis bakpia isi kacang hijau khas Yogyakarta yang cukup terkenal. Bakpia Pathok 71, Bakpia Pathok Agung, Bakpia Kurnia Sari dan Bakpia Pathok 25. Hmm.. kira-kira mana ya yang paling lembut dan legit?

Untuk bakpia pertama yang kami cicipi adalah bakpia buatan Bakpia Pathok 71. Per boksnya berisi 12 buah bakpia dengan isian kacang hijau. Bentuk bulatan bakpia ini tidak beraturan, bagian tengahnya berwarna cokelat menandakan bakpia ini telah matang dipanggang.

Bakpia seharga Rp. 20.000 per kemasan ini, kulitnya agak kering dan tipis. Namun tekstur bagian tengah bakpia yang kecokelatah sedikit keras. Saat digigit ternyata tekstur kulitnya yang kering jadi tidak terlalu keras. Isian kacang hijau yang halus dan berwarna putih terasa lembut.

Selanjutnya kami mencoba bakpia buatan Bakpia Pathok Agung (Rp. 29.000). Kemasannya terbilang steril, karena sebelum dimasukkan ke dalam boks, 20 buah bakpia dikemas dengan plastik transparan. Bentuk bulatannyapun lebih sempurna dan seragam.

Begitu digigit adonan kulitnya agak kering sehingga mudah sekali rontok. Tapi, teksturnya jauh lebih empuk dari Bakpia Pathok 71, isian kacang hijaunya juga tidak terlalu manis dengan butiran biji kacang yang masih terasa teksturnya.

Nah beda lagi dengan bakpia ketiga yang kami cicipi dari Bakpia Kurnia Sari (Rp. 37.500). Meskipun bentuknya sama-sama bulat, namun ukurannya jauh lebih besar. Wajar saja jika per bungkusnya berisi 15 buah bakpia saja. Kulit bagian luarnya lebih tipis dan halus namun isian kacang hijaunya lebih banyak.

Saat dicicip, adonan kulitnya lebih berserat dan lembut. Ternyata tambah enak saat lidah mulai merasakan kelembutan kacang hijau kupasnya yang agak basah. Agaknya kacang hijau kupas ini dihaluskan hingga butiran kacangnya benar-benar hancur dan lembut.

Bakpia kacang hijau ke empat yang kami cicipi adalah buatan Bakpia Pathok 25. Bentuk bakpia ini mirip seperti Bakpia Pathok Agung, bulat dengan pinggiran berwarna kecokelatan. Kulitnya juga lembut, kering dan berlapis-lapis.

Untuk teksturnya sekilas mirip seperti Bakpia Pathok 71, tidak terlalu manis dan agak keras. Wah, isian kacang hijaunya ternyata tidak terlalu manis. Sesekali kamipun merasakan semburat rasa asin pada isiannya. Bisa dibilang Bakpia Pathok 25 (Rp. 22.000) yang berisi 20 buah ini, perpaduan dari Bakpia Pathok 71 dan Bakpia Agung.

Setelah mencicipi ke empat bakpia khas Yogyakarta ini, ternyata bakpia buatan Bakpia Pathok Agunglah yang enak. Selain bentuknya yang bulat sempurna, bijian kacang hijaunyapun masih terasa dlembut sedikit renyah.

Apapun pilihan Anda, semua jenis bakpia patut dicoba. Jadi kalau sedang mampir ke Yogyakarta jangan lupa beli bakpia untuk oleh-oleh.

Bakpia Pathok Agung
Jl. Letjen Suprapto (Ngampilan) No. 39-41
Yogyakarta 55261
Telp: 0274-564037

Bakpia Kurnia Sari
Jl. Glagahsari 91C
Yogyakarta
Telp: 0274-380502

Jl. Glagahsari 112
Yogyakarta
Telp: 0274-375030

Ruko Permai, Pogung Lor N0. 6
Jl. Ringroad Utara
Yogyakarta
Tlp: 0274- 625279

Bakpia Pathok 25
Jl. AIP II KS Tubun NG I/65
Yogyakarta
Telp: 0274-512219/583237

(odi/dyh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan