detikfood
Selasa, 16/04/2013 15:01 WIB

Ulasan Khusus: Mie Instan

Mie Instan Kurang Cocok Dikonsumsi Wanita Hamil dan Anak-Anak

dyh - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Roti dan Kue
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
thumbnail Foto: Thinkstock
Tiap bungkus mie instan mengandung sejumlah kalori, karbohidrat dan lemak. Juga mengandung garam berupa natrium dengan kadar tinggi. Jika terlalu sering dikonsumsi pastilah tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi wanita hamil anak-anak.

Terkadang nafsu makan bisa jadi meningkat pada masa kehamilan. Termasuk menyantap makanan berkuah gurih, hangat dan pedas seperti mie instan. Meskipun para dokter sudah menganjurkan untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, seperti menghindari junk food dan mie instan.

Menurut Parentingnation, mie instan diketahui mengandung banyak karbohidrat, garam dan MSG, yang tidak baik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan janin. Mie instan dengan berat bersih 70 gram, mengandung natrium sebanyak 1.380 mg. Karena kandungan natriumnya yang tergolong tinggi, maka bisa berisiko hipertensi atau tekanan darah tinggi selama masa kehamilan.

Makanan yang dikonsumsi setiap hari seperti tempe goreng, opor ayam ataupun sayur bening bayam pastilah menggunakan tambahan garam. Jika jumlahnya diakumulasikan pastilah melebihi jumlah asupan garam yang dianjurkan untuk orang dewasa yaitu 2.300 mg per hari, seperti yang dianjurkan oleh Dietary Guidelines for Americans 2010.

Tidak hanya wanita hamil, mie instan juga sering dikonsumsi oleh anak-anak usia tiga hingga lima tahun. Padahal saat usia balita, kebutuhan asupan garamnya masih sangat terbatas yaitu kurang dari 1.500 mg garam per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan natrium si kecil biasanya didapatkan dari susu, sayuran dan buah-buahan. Namun jika mie instan diberikan sebagai menu makanan utama atau selingannya, tentulah bisa berakibat buruk untuk kesehatannya.

Menurut beberapa penelitian, asupan garam yang berlebih pada anak-anak bisa menambah beban kerja ginjal dan fungsi ginjalnya menjadi menurun sehingga menyebabkan risiko terkena gagal ginjal. Selain itu juga bisa mengakibatkan hipertensi saat usia dewasa.

Sebaiknya untuk memenuhi asupan natrium, bisa didapatkan secara alami dari makanan seperti daging, buah, ikan dan makanan laut lainnya. Namun jika ingin tetap mengkonsumsi mie instan sebaiknya gunakan sebagian bumbu saja. Tambahkan juga sayuran dan telur agar asupan karbohidrat, serat dan proteinnya jadi seimbang.


(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close