detikfood
Jumat, 12/04/2013 15:22 WIB

Jus Buah Kemasan dan Smoothies Dapat Merusak Gigi Anak

Deani Sekar Hapsari - detikFood
thumbnail Foto: Thinkstock
Banyak anak tak suka buah. Salah satu siasat yang sering dilakukan adalah menyajikan jus buah dan smoothies kemasan. Tapi, sebuah lembaga kesehatan gigi di Inggris menyatakan jus atau smoothies kemasan dapat merusak gigi anak.

The British Dental Association mendesak para orang tua membatasi jumlah konsumsi produk jus sehat dan smoothies kepada anak. Menurut survei yang dilakukan pemerintah, sekitar 25 % balita meng konsumsi jus buah, sementara dua pertiganya mengkonsumsi camilan manis.

Jus buah tanpa penambahan gula memang bisa mencukupi kebutuhan konsumsi lima sayuran dan buah sehari. Tapi, para ahli mengatakan buah yang dihaluskan melepaskan kandungan gula yang bisa merusak gigi dibandingkan saat buah dikonsumsi utuh. Karena itu konsumsi jus buah pada anak disarankan maksimal 150 ml.

“Banyak orang tua tanpa sengaja merusak gigi anak mereka karena mereka tidak mengetahui efek yang disebabkan oleh jus buah,” tutur Dr Nigel Carter selaku chief executive of the British Dental Health Foundation kepada Daily mail (12/04/2013).

Jus buah menjadi populer karena praktis dan kandungan buah didalamnya dianggap menjadi alternatif minuman yang sehat. Padahal, jus buah tinggi akan kandungan gula dan asam sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada gigi.

“Saat usia muda, sangat tidak realistis untuk langsung menjauhkan anak dari makanan dan minuman manis. Untuk memerangi hal ini, sangat penting untuk menjaga konsumsi makanan saat waktu makan tiga kali sehari dan menyajikan minum air putih atau susu dalam jeda waktu makan,” tambahnya.

Ia menambahkan smoothies sangat buruk untuk gigi karena mengandung sari buah konsentrat yang akan tertinggal di gigi. Hal yang paling penting bukan jumlah konsumsi gula dari makanan dan minuman pada anak, tapi frekuensi makanan dan minuman manis dalam pola makan anak.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).