detikfood

Senin, 08/04/2013 08:07 WIB

Badan Halal Thailand Adaptasi Standar Lembaga Halal Malaysia

Flora Febrianindya - detikFood
Obat-obatan
  • Vaksin; MEVAC ACYW 135
  • Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
  • Lumbricum
Lain-lain
Mie Instan
thumbnail Ilustrasi: Thinkstock
Kerjasama di bidang halal antar negara sering dilakukan. Seperti yang dilakukan badan halal Thailand, The Central Islamic Council of Thailand (CICOT) yang baru menjalin kerjasama dengan DagangHalal Sdn Bhd Malaysia dalam hal standar sertifikasi halal.

DagangHalal merupakan salah satu lembaga di Malaysia yang mengeluarkan sertifikasi halal, sekaligus gencar mempromosikan produk halal. Rencananya, CICOT juga akan turut mengimplementasikan standar sertifikasi halal yang sebelumnya sudah diberlakukan oleh DagangHalal.

"Bersama dukungan dari pemerintah Thailand dan institusi pendidikan seperti Chulalongkorn University dalam pembentukan fasilitas dan penelitiannya, CICOT berencana untuk melakukan standarisasi seluruh sertifikat halal di Thailand," kata Prof. Dr. Ismail Ali, selaku Managing Director CICOT.

Menurut Ismail, produk halal Malaysia sudah dikenal di seluruh dunia. Karenanya, kerjasama antar 2 organisasi ini diharapkan akan memberi keuntungan. Seperti diberitakan The Malay Mail (05/04/2013), pasar produk halal di Thailand mencapai 7 miliar dollar Amerika.

"Kami senang bisa bekerjasama dengan DagangHalal sekaligus bisa bekerja keras meyakinkan jika produk asal Thailand terjamin dan bersertifikasi, meskipun Thailand bukanlah negara Islam," kata Ismail. Rencananya, mulai bulan September tahun ini, kerjasama tersebut akan mulai diimplementasikan.

(odi/flo)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close