detikfood
Jumat, 05/04/2013 09:05 WIB

Okra, Si Jari Cantik yang Berkhasiat Cegah Flu

Flora Febrianindya - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Obat-obatan
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail Foto: Thinkstock
Okra atau Ablemoschus esculentus, sayuran yang punya bentuk panjang dan ujung mengerucut. Jika dikonsumsi secara teratur, ada beragam manfaat hebat yang bisa diperoleh. Di antaranya kandungan vitamin C yang mampu meredam virus flu.

Okra memiliki julukan unik, yaitu lady's finger. Bentuknya memang cantik dan lentik, mirip dengan jari tangan wanita. Permukaannya memiliki tekstur yang sedikit berbulu. Biasanya diolah dengan cara direbus atau dikukus. Tekstur okra yang sudah dimasak renyah dan sedikit berlendir.

Sayuran ini banyak dipakai dalam hidangan India dan Malaysia. Biasanya diolah dengan sambal atau bumbu kari yang pekat. Kadang disajikan segar sebagai pelengkap salad. Okra termasuk sayuran yang digemari di kawasan Asia Tenggara.

Seperti dimuat dalam situs San Francisco Gate, 8 buah okra yang sudah diolah mengandung 2 gram serat. Jumlah serat yang dibutuhkan tiap harinya berkisar antara 20 hingga 35 gram. Serat sangat berperan penting dalam kelancaran sistem pencernaan yang berpengaruh langsung terhadap organ usus besar.

Mengonsumsi 100 gram okra juga bisa menambah asupan vitamin A sebanyak 283 IU. Kandungan vitamin C dalam okra juga tinggi, bahkan 100 gram okra mampu penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C sebesar 27%. Tercukupinya vitamin C dalam tubuh bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah flu dan batuk.

Okra juga masuk dalam kategori sayuran hijau dengan kandungan antioksidan tertinggi. Di dalam 100 gram okra terkandung beta carotene sebesar 225 microgram dan lutein-zeaxanthin 516 microgram. Selain itu, okra yang segar dalam jumlah yang sama bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan folat sekitar 22 persen. Folat bermanfaat dalam memproduksi sel-sel kulit dan mencegah osteoporosis.

(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).