detikfood

Senin, 01/04/2013 11:56 WIB

Wah, Manis Gurih dan Lentur Yamien Ayam Bikinan Bakmi Roxi!

Flora Febrianindya - detikFood
Wah, Manis Gurih dan Lentur Yamien Ayam Bikinan Bakmi Roxi! Foto: Detikfood
Jika sedang di daerah Cikini, wajib mampir ke kedai mie ayam satu ini. Andalannya mie ayam yamien yang tipis lentur dengan padanan bumbu kecap yang gurih manis. Disajikan dengan ayam cincang dan kuah kaldu sedap plus pangsit rebus. Ah, dijamin kenyang!

Yang berkantor di kawasan Cikini dan sekitarnya pasti hapal betul dengan kedai Bakmi Roxi. Lokasinya persis berada di pinggir jalan Cikini Raya. Saat memasuki kedainya, ternyata lokasinya lumayan luas karena memanfaatkan area pertokoan. Kapasitasnyapun lumayan besar, bisa muat 50 orang.

Karena lokasinya yang luas dan menempati bangunan permanen, jam bukanya pun jadi lebih panjang. Bahkan menurut salah seorang karyawan, Bakmi Roxi cabang Cikini ini buka sejak pukul 7 pagi hingga jam 00.30 dini hari! Wah, pengunjungpun bisa datang mulai dari jam sarapan hingga tengah malam.

Gambar besar menu-menu di dindingnya membuat saya lumayan tergoda. Ada mie ayam, bihun ayam, kwetiaw, mie bakso, juga bakso sapi yang tampak lezat. Menurut rekomendasi teman, menu mie ayam yamin yang paling laris di sini. Seporsi mie ayam yamien (Rp. 10.000) langsung jadi pilihan saya.

Semangkuk mie ayam yamien disajikan kering, dengan potongan sawi yang lumayan royal. Di atasnya diberi topping daging ayam berwarna putih pucat yang sudah dimasak dengan tekstur kering. Sedikit berbeda dengan mie ayam kebanyakan yang meracik ayamnya dengan kecap dan rasanya agak manis.

Hmm, aroma wangi bawang putih dan gurihnya ayam langsung tercium. Mienya tampak mengilap karena dibalut minyak bumbu. Terasa lentur saat dikunyah, dengan paduan rasa gurih-gurih manis. Paduan serasi kecap manis, kecap asin dan bawang putih yang kuat. Daging ayamnya terasa gurih di mulut, dengan tekstur garing yang enak.

Di mangkuk terpisah ada kuah bening yang menebarkan aroma gurih bawang putih. Rasanya gurih nikmat khas kaldu ayam. Sedikit terlalu gurih, kaldu ini bisa langsung disiramkan ke atas mie dan diaduk hingga mie jadi sedikit lunak.

Wah, ternyata kwetiau ayam spesial (Rp. 14.000) juga tak mengecewakan. Yang ini dijamin lebih mengenyangkan. Kwetiaunya berwarna putih lentur dengan balutan minyak berbumbu bawang yang wangi. Kenyal, mulur dan tidak saling lengket jadi gampang disantap. Di atasnya juga diberi sawi hijau plus topping ayam.

Yang bikin makin puas, kwetiau spesial ini juga dilengkapi dengan bakso dan pangsit rebus di mangkuk kuahnya. Baksonya berserat dan gurih, sementara pangsit rebusnya kenyal lembut dengan isian daging ayam berbumbu kecokelatan. Agaknya, untuk topping digunakan daging ayam, termasuk tulang muda dan kulit ayam.

Mie dan bakso memang paling pas jika disandingkan dengan semangkuk es campur. Di sini, ada beragam es campur seperti es teler, es alpukat, es campur, es jeruk, kopyor maupun kelapa muda yang nikmat. Oh ya, jangan kaget jika selama Anda makan, akan ada pengamen yang bergantian datang ke meja Anda! Makin asyik kan? Makan siang diiringi live music!


Bakmi Roxi
Jalan Cikini Raya, Jakarta
Jalan Sabang / Agus Salim, Jakarta
Telepon: 0812-8030697
Jam buka: 07.00 - 00.30 (khusus cabang Cikini)

(odi/flo)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan