detikfood
Senin, 25/03/2013 16:14 WIB

Puding Mungil Warna-Warni, Pencuci Mulut di Sore Hari

Fitria Rahmadianti - detikFood
Puding Mungil Warna-Warni, Pencuci Mulut di Sore Hari Foto: Detikfood
Puding jadi camilan favorit dari anak-anak sampai orangtua. Apalagi kalau bentuknya mungil dan berwarna-warni seperti puding ini. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, menyantapnyapun jadi bebas rasa bersalah!

Setiap melewati Jalan Meruya Ilir, saya penasaran dengan bangunan berwarna pink dan biru yang terletak tak jauh dari pom bensin. Tulisannya 'Sweet Mom Mini Pudding'. Sebagai penggemar penganan manis, tempat ini tentu saja menarik bagi saya.

Suatu hari, saya mampir ke toko ini. Deretan menu puding menyambut. Mulai dari rasa klasik seperti cokelat dan stroberi, hingga yang eksotis seperti cendol dan kolak tersedia di sini. Ada yang pakai saus vla, adapula yang tidak. Ukurannyapun macam-macam, mulai dari yang mungil sampai yang besar untuk dipotong-potong.

Melihat foto puding yang lucu-lucu, saya jadi kalap ingin memesan semua. Sayang, mungkin karena saya datang terlalu malam, sebagian rasa yang saya inginkan sudah kosong. Akhirnya saya memesan tiga puding mungil dan dua puding vla. Harganya Rp 5.000/buah untuk puding biasa dan Rp 6.000/buah untuk yang memakai vla.

Pelayan mengeluarkan cetakan puding dari dalam kulkas. Ia lalu mengeluarkan puding dari cetakan dan meletakkannya ke dalam wadah-wadah plastik. Setelah diberi sendok-sendok plastik, wadah tersebut ditutup dan direkatkan dengan selotip. Semuanya dimasukkan ke kotak dan kantong plastik, siap dibawa pulang.

Saya penasaran dengan puding Jackfruit Cendol, karena menurut stafnya puding ini merupakan salah satu varian yang paling laris. Bentuknya seperti bunga berwarna kuning. Puding ini terdiri dari beberapa lapisan puding putih dan cendol.

Cendol dan nangka dibuat menjadi puding? Ah, aroma nangka yang wangi sudah menggoda. Rasa nangka samar-samar terjejak. Tekstur kenyal khas cendol juga cukup terasa saat digigit. Paduan unik ini ternyata cukup legit lidah.

Ternyata Strawberry Field juga menarik, yakni puding lapis merah, putih, dan hijau dengan hiasan bentuk stroberi di atasnya. Lapisan merahnya terbuat dari jus stroberi asli, karena terasa asam segar dan sesekali biji stroberinya tergigit renyah.

Meskipun warnanya pucat, Longsweet dengan gambar hati di atasnya sangat memikat. Saat digigit, teksturnya krenyes renyah seperti agar-agar. Lengkengnya cukup terasa, terutama karena terdapat potongan buah di dalamnya. Lapisan putihnya tidak terbuat dari susu tetapi dari santan sehingga memberikan sentuhan gurih dengan wangi kelapa yang enak.

Berikutnya, puding Moccahontas yang bergambar beruang merah serta Chocolicious dengan hiasan bunga pink putih di atasnya. Keduanya disajikan dengan vla berbeda, yakni vla moka dan vla vanili.

Puding mokanya terasa lembut dan beraroma wangi rum. Puding cokelatnya cukup kenyal, rasa cokelat pekatnya dari cokelat masak yang dilelehkan. Hiasan bunga pada puding cokelat terasa seperti puding stroberi. Sayang sekali vlanya terjejak aroma anyir. Bisa jadi karena kuning telur yang dicampurkan dalam adonan vla ini.

Ciri khas Sweet Mom, pudingnya padat dan agak kenyal renyah karena berbahan dasar agar-agar. Rasanyapun tidak terlalu manis karena dibuat dari bahan-bahan alami. Selain bisa dibawa pulang, pudingnya juga bisa dimakan di tempat karena tersedia kursi-kursi dan meja.

Selain 30 lebih varian puding mini, adapula puding berukuran sedang dan besar yang bisa dipesan untuk acara-acara istimewa seperti ulang tahun atau perayaan hari besar. Adapula layanan antar.


Sweet Mom
Jl. Meruya Ilir Raya No. 9, Kebon Jeruk
Jakarta Barat
Telepon: 021-58907902/03, 021-98275657
Website: sweetmompudding.com
Jam buka: setiap hari, 07.00-22.00

BSD City
Telepon: 021-98268447

(odi/fit)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan