detikfood
Kamis, 21/03/2013 09:34 WIB

Primitive Knife, Pisau Dapur Inspirasi dari Manusia Purba

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Lain-lain
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: dezeen
Proses pengolahan makanan sudah dilakukan sejak zaman purba. Hal inipun dibuktikan dari hasil temuan barang-barang kuno. Mereka juga sudah pandai membuat alat masak. Alat masak buatan mereka menjadi inspirasi pembuatan alat masak saat ini.

Saat zaman purba kebanyakan manusi hidup di goa. Mereka mengandalkan bahan makanan seadanya. Bahkan dengan piawai mereka membuat alat makannya sendiri, termasuk pisau untuk memotong. Meskipun saat ini adalah zaman yang modern, pisau gaya zaman purba jadi trend tahun ini.

Seperti pisau buatan disainer, Michele Daneluzzo asal Italia. Pisau yang dibuatnya terinspirasi dari desain pisau zaman prasejarah. Pisau bernama Primitive Knife ini bentuknya seperti batu lonjong dengan bagian ujung yang runcing dan tajam. Sedangkan pegangan pisau ini lebih tumpul dan tebal, sehingga nyaman saat digunakan.

Ternyata Daneluzzo mengembangkan produknya sejak belajar di University of Applied Arts di Vienna. Kini Primitive Knife sudah diuji untuk mengiris daun bawang, paprika hingga ikan. Menggunakannya harus sedikit ditekan agar semua bagian bahan makanan terpotong sempurna.

“Proyek pembuatan pisau ini dihasilkan setelah menganalisa berbagai aspek, dengan hubungan intrinsik antara manusia dan desain, agar budaya modern tidak melupakannya.” jelas Daneluzzo, seperti dikutip Dezzen.com.

(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).