detikfood
Senin, 11/03/2013 11:05 WIB

Ayo, Jajan Soto Kudus Racikan Mbak Lin!

Odilia Winneke - detikFood
Sayuran dan Olahannya
  • Yu Long Corn Oil Plant extract
  • Wong Coco Sayur Kalengan Jagung Manis
  • VINISI Fruit Coctail (Buah-buahan kalengan)
Susu, Keju dan Es Krim
Rumah Potong Hewan
thumbnail Foto: Detikfood
Semangkuk kecil soto ini dijamin tak bakal cukup buat menumpas rasa lapar. Karena kuah sotonya gurih sedap dengan isian yang padat. Taburan bawang putih goreng dan kucai menambah komplet racikan soto ayam Kudus gaya mbak Lin ini.

Ragam soto di kota Semarang sangat banyak. Ada yang berkuah bening kecokelatan, ada yang kuning kecokelatan dan ada juga yang bergaya soto Kudus, sedikit keruh dan kekuningan. Karena ingin mengisi perut dengan yang hangat segar, soto Kudus mbak Lin yang ada di dekat RS Telogorejo Semarang yang kami tuju.

Dari kejauhan sudah terlihat warung soto ini penuh sesak. Meja dan kursi kayu yang jadi ciri khas warung soto yang punya banyak cabang di Semarang ini sudah nyaris penuh. Soto ayam diracik di pikulan melengkung bertutup serbet putih.

Pilihannya bisa soto ayam dengan nasi soto ayam, lontong soto ayam, dan bisa pesan nasi dan soto ayam dipisah. Paling afdol tentu saja memesan nasi soto ayam karena nasi yang direndam kuah soto rasanya lebih enak dan gampang pula menyantapnya.

Antrian soto lumayan lama dan di meja pun sudah tersedia berbagai aksesori soto. Aksesori ini yang jadi ciri khas saat menyantap soto Kudus atau soto gaya Semarangan. Sepiring penuh berisi sate telur puyuh, sate daging ayam, sate usus ayam, sate hati ampela juga telur muda (uritan). Di piring lain ada bergedel mungil sebesar bola pingpong juga sepiring irisan tempe goreng yang disusun rapi menumpuk.

Mangkuk porselen China yang mungil dengan sendok bebek menjadi ciri khas wadah penyajian soto Kudus ini. Soto ayam disajikan panas mengepul. Wah, irisan bawang putih goreng dan kucai cincang yang royal menuputi permukaannya. Nyaris suwiran daging ayam dan taugenya tak terlihat.

Semerbak gurih bawang dan kaldu tercium saat soto diaduk. Slruup..kuahnya yang kekuningan agak keruh rasanya gurih enak. Tak ada jejak lemak ayam yang menggenangi kaldu. Semburat gurih ini sedikit terjejak aroma ketumbar yang wangi. Next

(odi/odi)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).