detikfood
Kamis, 07/03/2013 06:24 WIB

Pemberian Kacang dan Telur pada Bayi Bisa Cegah Alergi

Deani Sekar Hapsari - detikFood
Jamu
  • Habbatussaudana
  • Zait Zaitun
  • Zait Saudana
Roti dan Kue
Rumah Potong Hewan
thumbnail Foto: Thinkstock
Jumlah penderita alergi makanan pada anak-anak terus meningkat. Diduga karena anak tidak diperkenalkan beragam jenis makanan sejak dini. Penelitian baru menyebutkan peemberian kacang dan telur sejak dini bisa mengurangi alergi pada anak.

Penelitian tersebut dimuat dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice. Menurut penelitian tersebut memperkenalkan makanan pemicu alergi seperti selai kacang dan telur kepada bayi berumur 4-6 bulan bisa mengurangi alergi makanan.

Hal ini sangat bertolak belakang dari rekomendasi American Academy of Pediatrics bahwa anak tidak boleh diberi susu hingga usia satu tahun. Telur juga tak boleh diberikan hingga usia dua tahun, dan kacang hingga tiga tahun.

Seperti diberitakan Fox News (06/02/2013), alergi makanan mempengaruhi sekitar 5 persen balita di Amerika Serikat. Angka ini terus meningkat selama beberapa tahun terkahir.

Ada beberapa pendapat menyangkut penyebab alergi makanan. Yang laing umum adalah anggapan bahwa pemicu alergi karena makanan yang dikonsumsi bayi terlalu bersih sehingga sistem imunitas tubuh tidak berkembang.

Salah satu negara yang mempunyai tingkat alergi makanan rendah adalah Israel. Hal ini dikarenakan sejak bayi, para orang tua biasa menghidangkan makanan berbahan kacang.

Studi yang diterbitkan tahun 2008 ini menunjukkan anak di Inggris lebih cenderung mempunyai risiko alergi kacang daripada anak di Israel. Jadi, para ahli alergi dan peneliti meneliti lebih jauh terhadap penemuan ini. Merekapun memiliki gagasan soal pengenalan awal makanan pemicu alergi.

Ada pendapat lainnya yang menghubungkan vitamin D dengan alergi makanan. Dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology, sampel darah dari 5000 bayi dievaluasi. Hasilnya menunjukkan kandungan Vitamin D yang rendah mempunyai kecenderungan hingga 3 kali lipat mengidap alergi makanan.

(odi/odi)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).