detikfood
Rabu, 06/03/2013 16:37 WIB

Bukan Hanya Indonesia, Amerika Juga Kekurangan Pasokan Daging Sapi

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Mie Instan
  • Yumi
  • Cangak Ular
  • Bihunku
Roti dan Kue
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail Foto: Thinkstock
Pasokan daging impor di Indonesia mulai dibatasi. Akibat pasokan berkurang, kini harga daging semakin melambung. Hal inipun dirasakan oleh warga Amerika, pasokan dagingnya berkurang akibat penyitaan daging setelah di inspeksi keamanan pangan oleh USDA.

Sejak minggu lalu, pemberitaan mengenai pemotongan anggaran di Amerika muncul di beberapa media. Berita ini sempat menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para pengusaha daging. Pasalnya banyaknya daging berwabah yang disita oleh USDA membuat pasokan menjadi berkurang, sedangkan anggarannya tidak mencukupi untuk menambah pasokan daging

Pada awal bulan Februari 2013, Menteri Pertanian Amerika bernama Tom Vilsack memperingatkan mengenai pemotongan anggaran. Pada saat itu juga, Vilsack memaksa USDA untuk menghentikan inspeksi daging selama 15 hari.

Berdasarkan hukum federal, pemerintahpun melarang perusahaan untuk memproduksi daging tanpa pengawasan dari USDA. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya daging terinfeksi seperti saat ini. Dampak lain yang dirasakan, karena kurangnya pasokan daging dapat mengarah pada lonjakan harga.

“Saya setuju dengan adanya inspeksi daging ini, karena sangat penting. Sebisa mungkin kami akan meminimalkan gangguan dan ketidaknyamanan ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika masih ada daging berbakteri dan terpaksa disita.” jelas Vilsack seperti yang dilansir HuffingtonPost (5/3/2013).

Namun berdasarkan hasil sidang ditemukan titik tengah. Vilsack mengatakan pihaknya bisa menghemat biaya pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan secara terus menerus. Tetapi tidak dalam jumlah banyak seperti biasanya.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).