Rabu, 06/03/2013 15:46 WIB
Kadar Kolesterol dan Gula Darah Tinggi? Makanlah Kimchi Tiap Hari!
Mie Instan
- Yumi
- Cangak Ular
- Bihunku
Restoran
Coklat dan Permen
Foto: Thinkstock
Jakarta - Anda penggemar hidangan Korea yang asam segar? Kimchi tak pernah absen dalam hidangan Korea. Fermentasi sayuran ini juga punya khasiat lebih untuk kesehatan. Bahkan salah satu kandungan nutrisinya diyakini dapat menurunkan kadar lemak darah.
Sejak tahun 2012 kimchi dinobatkan sebagai superfood atau makanan sehat di dunia. Makanan hasil fermentasi ini berbahan dasar sawi, cabai dan aneka sayuran lainnya. Rasanya asam dan segar. Dibalik citarasanya yang unik ternyata baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi dan diabetes.
Sebuah studi baru yang telah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, menunjukkan bahwa orang yang rutin makan kimchi dapat menjaga kadar kolesterolnya. Tidak hanya itu, kimchi juga dapat menurunkan gula darah yang meningkat.
Para tim peneliti dari Pusan National University di Korea, melibatkan sekitar 100 pemuda di Korea. Mereka diminta untuk mengonsumsi kimchi dalam jumlah besar atau sekitar 226 gram per hari. Sebagian peserta lagi diminta untuk mengonsumsi kimchi sebanyak 50 gram setiap hari selama seminggu.
Setelah dicek kadar kolesterolnya, peserta yang banyak mengonsumsi kimchi justru memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit. Kandungan vitamin A, B dan C serta Lactbacillus di dalamnya disebut-sebut dapat mengurangi kadar kolesterol.
Penelitian lebih lanjutpun dilakukan oleh American Heart Association's Scientific Session. Penelitian ini melibatkan 127 orang dewasa ini juga menemukan adanya hubungan antara dosis harian Lactobacillus yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
Seperti yang diberitakan New York Times, beberapa penelitian mempercayai bahwa Lactobacillus dapat mengikat kolesterol dalam usus kecil. Karenanya dapat mencegah penyerapan lemak ke dalam aliran darah. Karena itulah kimchi tetap menjadi hidangan terfavorit di Korea dan beberapa negara di dunia.
(odi/dyh)
Sejak tahun 2012 kimchi dinobatkan sebagai superfood atau makanan sehat di dunia. Makanan hasil fermentasi ini berbahan dasar sawi, cabai dan aneka sayuran lainnya. Rasanya asam dan segar. Dibalik citarasanya yang unik ternyata baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi dan diabetes.
Sebuah studi baru yang telah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, menunjukkan bahwa orang yang rutin makan kimchi dapat menjaga kadar kolesterolnya. Tidak hanya itu, kimchi juga dapat menurunkan gula darah yang meningkat.
Para tim peneliti dari Pusan National University di Korea, melibatkan sekitar 100 pemuda di Korea. Mereka diminta untuk mengonsumsi kimchi dalam jumlah besar atau sekitar 226 gram per hari. Sebagian peserta lagi diminta untuk mengonsumsi kimchi sebanyak 50 gram setiap hari selama seminggu.
Setelah dicek kadar kolesterolnya, peserta yang banyak mengonsumsi kimchi justru memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit. Kandungan vitamin A, B dan C serta Lactbacillus di dalamnya disebut-sebut dapat mengurangi kadar kolesterol.
Penelitian lebih lanjutpun dilakukan oleh American Heart Association's Scientific Session. Penelitian ini melibatkan 127 orang dewasa ini juga menemukan adanya hubungan antara dosis harian Lactobacillus yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
Seperti yang diberitakan New York Times, beberapa penelitian mempercayai bahwa Lactobacillus dapat mengikat kolesterol dalam usus kecil. Karenanya dapat mencegah penyerapan lemak ke dalam aliran darah. Karena itulah kimchi tetap menjadi hidangan terfavorit di Korea dan beberapa negara di dunia.
(odi/dyh)
Baca Juga
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
-
Minggu, 19/05/2013 14:07 WIB
Gurih-gurih Enak, Burger Isi Ramen!
-
Minggu, 19/05/2013 13:28 WIB
Ingin Punya Kulit Mulus dan Cerah? Makanlah Pisang dan Pepaya!
-
Minggu, 19/05/2013 12:31 WIB
Wah, Hamburger dan Udon Hangat Bisa Dinikmati 24 Jam dari Mesin Ini!
-
Minggu, 19/05/2013 11:39 WIB
Yuk, Bikin Kreasi Sosis Lucu Untuk Si Kecil
-
Minggu, 19/05/2013 10:57 WIB
Jamur Bisa Jadi Makanan Andalan Untuk Turunkan Berat Badan
-
Minggu, 19/05/2013 14:07 WIB
Gurih-gurih Enak, Burger Isi Ramen!
-
Minggu, 19/05/2013 13:28 WIB
Ingin Punya Kulit Mulus dan Cerah? Makanlah Pisang dan Pepaya!
-
Minggu, 19/05/2013 12:31 WIB
Wah, Hamburger dan Udon Hangat Bisa Dinikmati 24 Jam dari Mesin Ini!
-
Minggu, 19/05/2013 11:39 WIB
Yuk, Bikin Kreasi Sosis Lucu Untuk Si Kecil
-
Minggu, 19/05/2013 10:57 WIB
Jamur Bisa Jadi Makanan Andalan Untuk Turunkan Berat Badan
-
Sabtu, 18/05/2013 14:38 WIB
Libido Wanita Bisa Turun Gara-gara Kedelai dan Daun Mint
-
Sabtu, 18/05/2013 13:27 WIB
Jika Ingin Bekerja di Cold Stone Jepang Harus Bisa Menyanyi
-
Sabtu, 18/05/2013 12:46 WIB
Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang Merah
-
Sabtu, 18/05/2013 15:23 WIB
Slruup! Matcha Beer, Bir dengan Wangi Teh Hijau
-
Sabtu, 18/05/2013 12:09 WIB
Zuccotto, Cake Lembut Creamy Lezat Asal Italia
-
6 Komentar
-
4 Komentar
-
3 Komentar
-
3 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
Must Read
close
-
Sabtu, 18/05/2013 14:38 WIB
Libido Wanita Bisa Turun Gara-gara Kedelai dan Daun Mint
-
Sabtu, 18/05/2013 12:46 WIB
Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang Merah
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer






Kandungan gas berlebih dalam perut bisa menyebabkan kembung. Rasa tidak nyaman ini bisa bertambah parah, bahkan hingga manimbulkan mual dan diare. Beberapa makanan menjadi pemicu penyebab kondisi ini.









