detikfood
Rabu, 06/03/2013 15:46 WIB

Kadar Kolesterol dan Gula Darah Tinggi? Makanlah Kimchi Tiap Hari!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Jamu
Coklat dan Permen
thumbnail Foto: Thinkstock
Anda penggemar hidangan Korea yang asam segar? Kimchi tak pernah absen dalam hidangan Korea. Fermentasi sayuran ini juga punya khasiat lebih untuk kesehatan. Bahkan salah satu kandungan nutrisinya diyakini dapat menurunkan kadar lemak darah.

Sejak tahun 2012 kimchi dinobatkan sebagai superfood atau makanan sehat di dunia. Makanan hasil fermentasi ini berbahan dasar sawi, cabai dan aneka sayuran lainnya. Rasanya asam dan segar. Dibalik citarasanya yang unik ternyata baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi dan diabetes.

Sebuah studi baru yang telah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, menunjukkan bahwa orang yang rutin makan kimchi dapat menjaga kadar kolesterolnya. Tidak hanya itu, kimchi juga dapat menurunkan gula darah yang meningkat.

Para tim peneliti dari Pusan National University di Korea, melibatkan sekitar 100 pemuda di Korea. Mereka diminta untuk mengonsumsi kimchi dalam jumlah besar atau sekitar 226 gram per hari. Sebagian peserta lagi diminta untuk mengonsumsi kimchi sebanyak 50 gram setiap hari selama seminggu.

Setelah dicek kadar kolesterolnya, peserta yang banyak mengonsumsi kimchi justru memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit. Kandungan vitamin A, B dan C serta Lactbacillus di dalamnya disebut-sebut dapat mengurangi kadar kolesterol.

Penelitian lebih lanjutpun dilakukan oleh American Heart Association's Scientific Session. Penelitian ini melibatkan 127 orang dewasa ini juga menemukan adanya hubungan antara dosis harian Lactobacillus yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Seperti yang diberitakan New York Times, beberapa penelitian mempercayai bahwa Lactobacillus dapat mengikat kolesterol dalam usus kecil. Karenanya dapat mencegah penyerapan lemak ke dalam aliran darah. Karena itulah kimchi tetap menjadi hidangan terfavorit di Korea dan beberapa negara di dunia.

(odi/dyh)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).