Rabu, 06/03/2013 14:07 WIB
Minum Air Putih Memicu Anak Lebih Suka Sayuran
Daging & Daging Olahan
- Baso YANGINI,
- Daging Segar; VILLA
- Daging Berbumbu BABARAFI
Lain-lain
Mie Instan
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain air putih, anak-anak juga suka minum teh, jus buah, ataupun susu. Air minum tidak hanya segar enak dan menghilangkan rasa haus saja. Namun, bisa mempengaruhi minat anak untuk makan buah dan sayur.
Jangan sepelekan pilihan minuman untuk anak. Meski dianggap lebih bernutrisi, namun minuman manis justru jadi salah satu faktor penentu minat si kecil makan sayur. Hal tersebut disimpulkan oleh peneliti T. Bettina Cornwell dari University of Oregon dan juga Anna R. McAlister dari Michigan State University, seperti dimuat dalam situs News-Medical.
Penelitian pertama dilakukan pada 60 anak muda Amerika berusia 19-23 tahun. Pada penelitian kedua, dilibatkan 75 anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun. Dua kelompok usia ini sama-sama diamati pengaruh pilihan minuman terhadap konsumsi sayurannya sehari-hari.
Partisipan berusia 19-23 tahun mayoritas memilih minuman bersoda. Setelahnya, minuman tersebut dikombinasikan dengan makanan berkalori dan bergaram tinggi dibanding dengan memilih sayuran. Sementara itu, para balita justru lebih banyak makan sayuran saat diberikan air putih. Diperkirakan karena mereka masih dibiasakan makan dan minum yang bergizi dan menu makannya masih dalam pengawasan penuh orang tua.
Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan jika pilihan minuman sangat berpengaruh terhadap pilihan makanan. Mereka yang memesan soda cenderung akan memilih makanan berlemak. Sebaliknya, mereka yang memilih air putih justru lebih banyak makan sayuran sehat, bukan makanan bergaram tinggi.
Menurut McAlister, air putih menjadi minuman yang paling mudah dan sangat efektif terhadap kesehatan. Hal tersebut bisa menurunkan tingkat obesitas dan angka penderita diabetes yang kini banyak dialami anak-anak.
(odi/flo)
Jangan sepelekan pilihan minuman untuk anak. Meski dianggap lebih bernutrisi, namun minuman manis justru jadi salah satu faktor penentu minat si kecil makan sayur. Hal tersebut disimpulkan oleh peneliti T. Bettina Cornwell dari University of Oregon dan juga Anna R. McAlister dari Michigan State University, seperti dimuat dalam situs News-Medical.
Penelitian pertama dilakukan pada 60 anak muda Amerika berusia 19-23 tahun. Pada penelitian kedua, dilibatkan 75 anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun. Dua kelompok usia ini sama-sama diamati pengaruh pilihan minuman terhadap konsumsi sayurannya sehari-hari.
Partisipan berusia 19-23 tahun mayoritas memilih minuman bersoda. Setelahnya, minuman tersebut dikombinasikan dengan makanan berkalori dan bergaram tinggi dibanding dengan memilih sayuran. Sementara itu, para balita justru lebih banyak makan sayuran saat diberikan air putih. Diperkirakan karena mereka masih dibiasakan makan dan minum yang bergizi dan menu makannya masih dalam pengawasan penuh orang tua.
Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan jika pilihan minuman sangat berpengaruh terhadap pilihan makanan. Mereka yang memesan soda cenderung akan memilih makanan berlemak. Sebaliknya, mereka yang memilih air putih justru lebih banyak makan sayuran sehat, bukan makanan bergaram tinggi.
Menurut McAlister, air putih menjadi minuman yang paling mudah dan sangat efektif terhadap kesehatan. Hal tersebut bisa menurunkan tingkat obesitas dan angka penderita diabetes yang kini banyak dialami anak-anak.
(odi/flo)
Baca Juga
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
-
Sabtu, 18/05/2013 15:23 WIB
Slruup! Matcha Beer, Bir dengan Wangi Teh Hijau
-
Sabtu, 18/05/2013 14:38 WIB
Libido Wanita Bisa Turun Gara-gara Kedelai dan Daun Mint
-
Sabtu, 18/05/2013 13:27 WIB
Jika Ingin Bekerja di Cold Stone Jepang Harus Bisa Menyanyi
-
Sabtu, 18/05/2013 12:46 WIB
Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang Merah
-
Sabtu, 18/05/2013 12:09 WIB
Zuccotto, Cake Lembut Creamy Lezat Asal Italia
-
Sabtu, 18/05/2013 14:38 WIB
Libido Wanita Bisa Turun Gara-gara Kedelai dan Daun Mint
-
Sabtu, 18/05/2013 13:27 WIB
Jika Ingin Bekerja di Cold Stone Jepang Harus Bisa Menyanyi
-
Sabtu, 18/05/2013 12:46 WIB
Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang Merah
-
Sabtu, 18/05/2013 15:23 WIB
Slruup! Matcha Beer, Bir dengan Wangi Teh Hijau
-
Sabtu, 18/05/2013 12:09 WIB
Zuccotto, Cake Lembut Creamy Lezat Asal Italia
-
Sabtu, 18/05/2013 11:20 WIB
Vending Machine Apel Potong Sajikan Camilan Sehat dan Praktis
-
Jumat, 17/05/2013 16:01 WIB
Berkelahi dengan Pengunjung Resto yang Tak Mau Bayar, Chef Ini Tewas
-
Jumat, 17/05/2013 18:31 WIB
Cokelat Asli Indonesia Disulap a la Molecular Gastronomy
-
Jumat, 17/05/2013 10:44 WIB
Agar Kadar Kolesterol dan Gula Darah Stabil, Konsumsi Jahe Secara Rutin
-
Jumat, 17/05/2013 11:49 WIB
Menebus Kangen Seporsi Kupat Tahu Magelang yang Gurih Mantap
-
6 Komentar
-
4 Komentar
-
3 Komentar
-
3 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
Must Read
close
-
Jumat, 17/05/2013 15:19 WIB
Terlalu Banyak Konsumsi Bawang Putih dan Kol Bisa Picu Diare
-
Jumat, 17/05/2013 10:44 WIB
Agar Kadar Kolesterol dan Gula Darah Stabil, Konsumsi Jahe Secara Rutin
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer






Di Indonesia, alpukat sering dijadikan jus. Bisa juga dihancurkan, dicampur dengan gula pasir, lalu disantap begitu saja. Di beberapa negara, irisan alpukat menjadi bahan sandwich dan sushi. Ingin mencoba olahan lain, buat saja guacamole.









