detikfood
Rabu, 06/03/2013 13:32 WIB

Makanan Pahit Terbukti Jadi Obat Alami Penyakit Asma

Deani Sekar Hapsari - detikFood
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
  • Nofrills
  • Air Mancur
  • Kuda
Lain-lain
Restoran
thumbnail Foto: Thinkstock
Daun pepaya dan pare sering dihindari karena rasanya yang pahit. Padahal rasa pahit ini berkhasiat untuk penyembuhan asma. Penelitian terbaru memberikan solusi pencegahan asma lewat konsumsi makanan pahit.

Sebuah studi dari University of Massachusetts menyebutkan konsumsi makanan pahit merangsang indera pengecap yang ada di sel saluran pernapasan. Melebarkan saluran pernapasan hingga aliran udara jadi lebih cepat dan kuat. Proses pelebaran saluran pernapasan yang sudah mengalami kontraksi ini dikenal dengan nama bronchodilation.

“Suatu hari akan lebih banyak lagi penelitian. Mungkin ada sebuah kelas baru mengenai bronchodilators yang bisa menyembuhkan serangan asma lebih cepat dan dengan efek samping yang lebih sedikit daripada obat yang sekarang tersedia,” kata kepala studi Dr Ronghua ZhuGe kepada Daily Mail (06/03/2013).

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS Biology ini melakukan eksperimen terhadap tikus percobaan. Ternyata efek rileks yang berasal dari konsumsi bahan makanan pahit lebih cepat dan kuat dibandingkan perawatan asma yang ada saat ini.

Banyak orang berpikir pengecap rasa hanya ada di sel tertentu pada lidah. Selama beberapa tahun, para ilmuwan menyadari bahwa penerima rasa ini juga terdapat di beberapa sel lainnya yang terletak di seluruh tubuh.

Secara spesifik, pengecap rasa pahit pada sel otot halus di saluran pernapasan bertindak untuk mengendurkan sel saat terkena bahan makanan yang mempunyai rasa pahit.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).