Rabu, 06/03/2013 12:04 WIB
Pepaya Ampuh Cegah Kanker Prostat
Roti dan Kue
- Snackit Moon Cake
- Snackit Kue Pia 100 rasa rasa pandan
- Snackit Kue Pia 100 rasa kacang merah
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pepaya sering dikonsumsi karena mengandung serat tinggi dan bisa melancarkan pencernaan. Namun selain itu, pepaya juga menyimpan beragam manfaat hebat lainnya. Salah satunya bisa mencegah penyakit kanker!
Selain vitamin C dan E, pepaya memiliki kandungan enzim bernama papain. Sejak dulu, enzim ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan medis. Bahkan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyimpulkan jika kandungan papain ini bisa mencegah beberapa jenis kanker.
Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Chemotherapy and Pharmacology tahun 2001, diketahui dalam percobaan terhadap hewan. Hewan yang mengonsumsi papain tinggi memiliki risiko penyakit kanker yang lebih rendah. Disimpulkan juga jika konsumsi papain bisa bisa mengurangi efek buruk sinar radiasi dan proses kemoterapi.
Selain papain, kandungan lycopene dalam pepaya juga berkhasiat. Situs Live Strong mengungkap sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tersebut melibatkan 130 pasien kanker prostat. Para partisipan diberi makanan tinggi lycopene seperti pepaya dan tomat.
Ditemukan jika para pria yang makan makanan tinggi lycopene bisa mengalami penurunan risiko perkembangan sel-sel kanker prostat hingga 82%. Selain itu, teh hijau juga diketahui baik untuk dikonsumsi penderita kanker prostat. Dari penelitian yang sama, dihasilkan kesimpulan lain yang menyebut jika teh hijau bisa menurunkan risiko kanker hingga 86%.
Ada beberapa makanan lain yang dianjurkan untuk mencegah kanker prostat. Salah satunya adalah ikan salmon serta cabai paprika. Sementara itu, jenis daging yang diolah dalam suhu tinggi harus dihindari. Pasalnya, dari proses tersebut akan terbentuk HCAs atau heterocyclic amines dan juga PAHs atau polycyclic aromatic hydrocarbons yang turut memicu kanker.
(odi/flo)
Selain vitamin C dan E, pepaya memiliki kandungan enzim bernama papain. Sejak dulu, enzim ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan medis. Bahkan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyimpulkan jika kandungan papain ini bisa mencegah beberapa jenis kanker.
Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Chemotherapy and Pharmacology tahun 2001, diketahui dalam percobaan terhadap hewan. Hewan yang mengonsumsi papain tinggi memiliki risiko penyakit kanker yang lebih rendah. Disimpulkan juga jika konsumsi papain bisa bisa mengurangi efek buruk sinar radiasi dan proses kemoterapi.
Selain papain, kandungan lycopene dalam pepaya juga berkhasiat. Situs Live Strong mengungkap sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tersebut melibatkan 130 pasien kanker prostat. Para partisipan diberi makanan tinggi lycopene seperti pepaya dan tomat.
Ditemukan jika para pria yang makan makanan tinggi lycopene bisa mengalami penurunan risiko perkembangan sel-sel kanker prostat hingga 82%. Selain itu, teh hijau juga diketahui baik untuk dikonsumsi penderita kanker prostat. Dari penelitian yang sama, dihasilkan kesimpulan lain yang menyebut jika teh hijau bisa menurunkan risiko kanker hingga 86%.
Ada beberapa makanan lain yang dianjurkan untuk mencegah kanker prostat. Salah satunya adalah ikan salmon serta cabai paprika. Sementara itu, jenis daging yang diolah dalam suhu tinggi harus dihindari. Pasalnya, dari proses tersebut akan terbentuk HCAs atau heterocyclic amines dan juga PAHs atau polycyclic aromatic hydrocarbons yang turut memicu kanker.
(odi/flo)
Baca Juga
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
-
Fu Yung Hai Plus Bakmi Goreng Nikmat Dari Resto Legendaris Jakarta
-
250 Perusahaan Akan Ambil Bagian Dalam Moscow Halal Expo
-
Seperti Apa Kira-kira Rasa Kari Biru dan Jus Campuran Ikan dan Cuka?
-
Ngemil Sop Duren Plus Batagor Kuah, Sedap dan Puas!
-
Resto Hai di Lao Akan Perkenalkan Noodle Dance di Amerika
-
Pembuatan Greek Yogurt Sebabkan Masalah Polusi di Dunia
-
Resep Anak: Puding Edamame Saus Cokelat
-
Togo Burger, Inovasi Kemasan Fast Food Karya Mahasiswa Desain
-
Perut Kembung? Sebaiknya Jangan Konsumsi Gorengan dan Brokoli
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
-
Jumat, 24/05/2013 19:27 WIB
Pahlawan Kasus Penculikan Dapat Burger Gratis Seumur Hidup
-
Jumat, 24/05/2013 18:56 WIB
Bayi yang Selalu Habiskan Susu Botol, Cenderung Obesitas Saat Dewasa
-
Jumat, 24/05/2013 18:39 WIB
Fu Yung Hai Plus Bakmi Goreng Nikmat Dari Resto Legendaris Jakarta
-
Jumat, 24/05/2013 18:14 WIB
250 Perusahaan Akan Ambil Bagian Dalam Moscow Halal Expo
-
Jumat, 24/05/2013 17:37 WIB
Seperti Apa Kira-kira Rasa Kari Biru dan Jus Campuran Ikan dan Cuka?
-
Jumat, 24/05/2013 18:39 WIB
Fu Yung Hai Plus Bakmi Goreng Nikmat Dari Resto Legendaris Jakarta
-
Jumat, 24/05/2013 18:56 WIB
Bayi yang Selalu Habiskan Susu Botol, Cenderung Obesitas Saat Dewasa
-
Jumat, 24/05/2013 17:03 WIB
Ngemil Sop Duren Plus Batagor Kuah, Sedap dan Puas!
-
Jumat, 24/05/2013 17:37 WIB
Seperti Apa Kira-kira Rasa Kari Biru dan Jus Campuran Ikan dan Cuka?
-
Jumat, 24/05/2013 16:03 WIB
Pembuatan Greek Yogurt Sebabkan Masalah Polusi di Dunia
-
Jumat, 24/05/2013 18:14 WIB
250 Perusahaan Akan Ambil Bagian Dalam Moscow Halal Expo
-
Jumat, 24/05/2013 15:06 WIB
Togo Burger, Inovasi Kemasan Fast Food Karya Mahasiswa Desain
-
Jumat, 24/05/2013 13:50 WIB
Ini Dia Rahasia Bikin Hamburger yang Empuk dan Juicy!
-
Jumat, 24/05/2013 14:29 WIB
Perut Kembung? Sebaiknya Jangan Konsumsi Gorengan dan Brokoli
-
Jumat, 24/05/2013 16:34 WIB
Resto Hai di Lao Akan Perkenalkan Noodle Dance di Amerika
-
7 Komentar
-
5 Komentar
-
3 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
-
1 Komentar
-
1 Komentar
Must Read
close
-
Jumat, 24/05/2013 14:29 WIB
Perut Kembung? Sebaiknya Jangan Konsumsi Gorengan dan Brokoli
-
Jumat, 24/05/2013 13:50 WIB
Ini Dia Rahasia Bikin Hamburger yang Empuk dan Juicy !
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer






Penderita tekanan darah tinggi jumlahnya makin meningkat. Penyakit yang bisa memicu serangan stroke dan penyakit jantung ini tidak harus diatasi dengan obat-obatan. Beberapa jenis makanan yang rutin dikonsumsi juga bisa mengendalikan tekanan darah.









