detikfood
Selasa, 05/03/2013 15:00 WIB

Rekomendasi Redaksi

Yang Mana Lapis Surabaya Paling Wangi dan Empuk?

Flora Febrianindya - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Minyak, Emulsi dan Lemak
Vitamin
thumbnail Foto: Detikfood
Kue ini tampil khas dengan warna kuning berpadu cokelat. Bagian kuningnya ringan dan lembut. Di tengahnya diolesi selai strawberry tipis-tipis. Begitu digigit, langsung terasa tekstur super lembut plus aromanya yang wangi. Wah, jadi teman minum teh dan kopi yang paling klop!

Kue lapis Surabaya jadi salah satu jenis kue klasik yang hingga kini banyak dijual di toko kue. Tampilannya mirip-mirip sponge cake, namun begitu disentuh ataupun dinikmati, teksturnya terasa lebih basah dan tekstur halus lembut dan empuk.

Dibanding kue-kue lain yang kini sedang trend di kota besar seperti ombre cake, rainbow cake dan red velvet cake, lapis Surabaya memang kalah menarik dari segi tampilan. Yang ini masih setia dengan tampilan polos, namun rasa lezatnya juga tak pernah berubah. Karena alasan ini lapis Surabaya selalu dicari!

Rahasia enaknya ada pada penggunaan telur yang tak main-main jumlahnya. Satu resep lapis Surabaya bisa menggunakan sekitar 20 kuning telur! Karenanya, teksturnya sangat lembut, lembap dengan rasa gurih yang enak. Apalagi dipakai mentega untuk adonannya. Harganya juga menjadi relatif mahal.

Di Jakarta, lapis Surabaya bisa dengan mudah didapatkan. detikFood coba mencicip lapis Surabaya buatan 3 toko kue terkemuka, yaitu Bread Talk, The Harvest, dan juga Monami Bakery. Ketiganya punya lapis Surabaya yang cukup digemari orang.

Lapis Surabaya buatan Bread Talk yang dijual potongan (Rp. 10.000/potong). Bagian kuningnya tampak terang dan mencolok dengan lapisan berwarna cokelat pekat di tengahnya. Irisannya lumayan tipis, sekitar 2,5 cm saja.

Hmm... teksturnya super lembut! Rasanya ringan di mulut aroma wangi dari mentega tercium. Selai strawberry di tengahnya yang berfungsi sebagai perekat juga dioles lumayan banyak, ada semburat asam manis di mulut. Karena lembut dan tipis, tak perlu waktu lama untuk menandaskan kue yang ringan empuk ini.Next

(odi/flo)

Halaman 1 2

Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).