detikfood

Senin, 04/03/2013 15:57 WIB

Kenyang Bersantap Hidangan a la Kerajaan Thai dengan Rp 195.000

Fitria Rahmadianti - detikFood
Kenyang Bersantap Hidangan a la Kerajaan Thai dengan Rp 195.000 Foto: Detikfood
Rasa pedas, asam, dan gurih yang berpadu seimbang menjadi ciri hidangan Thailand. Di resto yang ditata dengan interior khas Thailand ini puluhan hidangan Thai bisa dicicipi. Termasuk paket istimewa, 23 hidangan dengan satu harga! Wah!

Hidangan Thailand termasuk yang disukai pencinta kuliner Jakarta. Kuliner Negeri Gajah Putih ini dikenal akan keseimbangan 3-4 sensasi rasa fundamentalnya, yakni asam, manis, asin, dan pahit. Karenanya mampir ke resto fine dining Sukhothai di The Media Hotel & Towers jadi pengalaman unik.

Restoran Sukhothai berlokasi di lantai 6 The Media Hotel & Towers, Jl. Gunung Sahari No. 3 Jakarta Pusat. Kesan Thailand kuat terlihat di interior ruangannya. Stupa, patung gajah, sampai seragam para karyawannya disesuaikan dengan pakaian tradisional Thailand.

Restoran Thailand autentik ini dikelilingi oleh taman dan kolam yang didesain bergaya Thailand. Dari dalam restoran, tertangkap jelas pemandangan langit dan kota melalui jendela-jendela kaca besar. Area makan lesehannya dilengkapi dengan bantal-bantal segitiga berbalut sutra Thai, terasa sangat nyaman.

Sukhothai menyajikan menu a la carte maupun set menu. Kami langsung tergiur untuk mencoba paket bernama Unlimited Royal Treat. Bagaimana tidak tergoda? Paket yang terdiri dari 23 hidangan ini hanya bertarif Rp 194.999/orang saja, sudah termasuk pajak. Mau disajikan semuanya, dipilih menunya, atau dipesan berulang-ulang, boleh saja!

Sebagai pembuka, kami mencicipi yam mamuang (salad mangga) yang asam segar. Mangga Thai yang putih renyah, sedikit asam dan manis, dibalut saus yang pedas segar. Adapula tom yam goong, sup yang berisi seafood, cumi, udang, dan ikan dengan kuah yang pedas asam. Tak terlalu kuat dan pekat bumbunya, enak dan pas buat penyegar.

Sebagai teman menyantap khao pad sapparod (nasi goreng kuning yang disajikan di mangkuk nanas) ada hor baytoi (daging ayam yang dibungkus daun pandan). Nasinya pulen gurih dengan balutan bumbu kari yang ringan. Potongan nanasnya membuat aksen renyah segar yang enak.

Khao pad sapparod akan semakin lengkap dengan phad kana kratiam (tumis baby kailan dan bawang putih), pla samrod (ikan goreng dengan saus tiga rasa), dan phad poh tek (aneka seafood dengan Thai herb chilli). Rempah yang segar dengan takaran pas membuat rasa hidangan lezat menyegarkan.

Ternyata dalam sekali pesan kami nyaris tak bisa menghabiskan beragam lauk ini. Pastinya perut yang sudah sesak tak akan sanggung menampung pesanan porsi berikutnya. Thai ice tea yang disajikan dalam gelas berkaki, wangi semerbak dengan rasa manis yang tak terlalu tajam sangat pas membilas rasa pedas gurih di lidah.

Akhirnya aneka jajanan pasar mungil dan cantik dari Negeri Gajah menjadi penutup mulut yang lengkap. Pesan saja 'kanom ruam mitr'. Satu piring dessert ini terdiri dari look choop (kue bentuk cabai dengan isi kacang hijau), takoh (kue yang berbahan santan dan tepung tapioka, disajikan di takir), puding srikaya, dan agar-agar lapis srikaya dalam potongan mungil cantik. Lengkap sudah santapan bergaya istana raja ini!

Oh iya, sebaiknya habiskan semua hidangan yang Anda pesan. Pasalnya, kalau masih bersisa, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000/porsi. Siapa bilang menyantap hidangan Thailand komplet harus membayar mahal? Segera saja buktikan di resto yang tak pernah sepi pengunjung ini!


(odi/fit)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan