detikfood

Senin, 04/03/2013 11:55 WIB

Rekomendasi Redaksi

Empuk Sedep Miroso, Sate Kambing Khas Solo

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
  • Nofrills
  • Air Mancur
  • Kuda
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Roti dan Kue
thumbnail Foto: Detikfood
Racikan sate kambing khas Solo yang legit empuk pas disantap saat udara agak mendung. Potongan daging kambing berselingan dengan lemak dibakar hingga wangi semerbak, panas-panas dicocol kecap manis plus irisan cabai rawit dan bawang merah. Sedep!

Sate kambing khas Solo merupakan salah satu jenis sate yang lumayan populer. Sate daging dengan selingan lemak dibalur campuran kecap manis, merica bubuk dan air jeruk nipis lalu dibakar di atas bara api. Pelengkapnya berupa irisan kol, bawang merah, tomat dan cabai rawit. Uniknya sate juga ditaburi dengan merica bubuk saat disajikan.

Untuk menikmati seporsi sate kambing khas Solo tak perlu jauh-jauh ke kota asalnya. Pasalnya di Jakarta banyak tersedia warung sate khas Solo yang patut disinggahi. Detikfood telah menyambangi tiga warung sate khas Solo di Jakarta. Warung Sate Solo Pak Min, Warung Sate Kambing Tongseng Solo Pak Naryo dan Warung Sate Pak Yanto Asli Solo.

Di warunf sate Pak Min, seporsi sate kambing isi 10 tusuk, satu tusuknya berisi tiga potong daging dan satu potong lemak. Irisan dagingnya tidak terlalu besar, sekitar satu sentimeter seperti ukuran sate kambing umumnya.

Dagingnya berwarna kecokelatan sepertinya diolesi kecap manis saat dibakar. Disajikan dengan kecap manis yang hitam dan kental plus irisan kol, bawang merah, tomat dan cabai rawit hijau. Seperti sate kambing Solo, saat disajikan sate ditaburi merica bubuk.

Saat digigit, dagingnya empuk dan masih juicy bagian dalam kambing. Pasti tekstur ini di dapat melalui proses pembakaran yang tidak terlalu lama. Sesekali semburat pedas lada tececap dibalik manisnya kecap. Sepuluh tusuk sate Pak Min seharga Rp. 23.000 ini benar-benar jadi pengobat lapar yang mantap.

Lain halnya dengan Warung sate Pak Naryo yuang memiliki beberapa cabang di BSD dan Jakarta. Racikan sate khas Solo buatannya disukai banyak orang, terbukti dari tiap cabang warung satenya yang tak pernah sepi pengunjung.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2 3

Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).