detikfood
Kamis, 21/02/2013 11:32 WIB

Rekomendasi Redaksi

Hmm.. Semerbak Wangi Ayam Bakar Paling Empuk!

Flora Febrianindya - detikFood
Hmm.. Semerbak Wangi Ayam Bakar Paling Empuk! Foto: Detikfood
Semua tentu setuju jika menu ayam bakar jadi sajian lezat buat makan siang. Ayamnya diungkep terlebih dulu dengan bumbu lalu dibakar dengan olesan bumbu. Panas-panas tersaji dengan nasi hangat plus sambel yang pedas enak. Dijamin sebentar saja langsung ludes!

Khusus untuk menu ayam bakar, tiap orang punya lokasi favoritnya sendiri di Jakarta. Ada yang bilang ayam bakar buatan Mas Mono paling enak. Ada juga yang setuju jika ayam bakar di resto Ayam Bulungan punya rasa yang mantap. Namun pendapat lain merekomendasikan ayam bakar Gantharilah yang bumbunya paling nendang.

Penasaran, detikfoodpun tertarik untuk mencicipi satu persatu ayam bakar yang diberi label paling ini. Ketiganya cukup kondang di Jakarta dan konon punya rasa nikmat plus harga yang hemat di kantong. Kira-kira, mana yang paling juara enaknya?

Destinasi pertama yang didatangi adalah Ayam Bakar Ganthari. Lokasinya yang strategis di sebelah Blok M Plaza membuatnya selalu ramai pembeli. Salah satunya di kawasan Panglima Polim, tak jauh dari Blok M Plaza.

Tak perlu menunggu lama untuk seporsi ayam bakar plus nasi, sambal dan lalapan (Rp. 15.000). Tampak bumbu olesan cokelatnya mengilat-ngilat dan menebarkan aroma wangi. Di beberapa titik, tampak permukaan yang agak gosong karena kecap yang membentuk karamel terkena api arang. Dbalik bagian kulit, tampak daging ayam berwarna putih.

Bumbu olesan membuat ayam bakarnya agak liat. Dagingnya bertekstur sangat empuk dan mudah dikoyak. Begitu mendarat di mulut, rasanya paduan antara gurih dan manis. Enak! Makin mantap saat dicocol sambal tomat di sisinya. Sambalnya terasa pedas-pedas manis dan berjodoh dengan ayam bakarnya!

Bergeser sedikit ke belakang Blok M Plaza, ada sebuah restoran bernama Ayam Bulungan yang konon punya ayam bakar nikmat. Di sini, Ayam Bakar Bulungan (Rp. 16.000 belum termasuk nasi) bisa dinikmati di dalam ruangan yang nyaman, berpendingin udara dan sofa yang empuk.

Bayangan saya akan ayam bakar dengan sambal merah agak meleset di sini. Tak ada sambal di sisi ayam, melainkan bumbu kuning yang dipaparkan di permukaan ayam yang sudah dibakar. Ada aroma kunyit dan bawang merah tercium, plus aroma khas bakaran yang bikin selera makan makin menjadi!

Agaknya, ayam ini tak dibakar dalam waktu lama. Tampak permukaan ayamnya kecoklatan namun tak terlalu pekat, dan tak banyak guratan hitam di permukaannya. Mungkin karena sudah diungkep terlebih dulu dan hanya perlu dibakar sebentar.

Dagingnya terasa sangat empuk dan tercecap jika bumbu oles ataupun ungkep yang digunakan tak terlalu banyak. Agaknya, rasa daging ayam yang tak terlalu kuat ini untuk mengimbangi bumbu di atasnya, yang terasa gurih-gurih manis. Ada perpaduan tekstur ayam yang padat dan juga bumbu kuning yang agak berminyak.

Ayam Bakar Mas Mono tak boleh ketinggalan dicicip. Cabangnya tersebar dimana-mana, dan jadi tempat makan andalan anak muda hingga karyawan kantoran. Sepaket nasi plus ayam bakar (Rp. 16.818) sudah tentu jadi menu yang wajib dipesan.

Ayam bakar a la Mas Mono punya warna cokelat kemerahan yang mengilap. Kalau yang ini, bisa ditebak jika rasanya lebih manis karena penggunaan kecap pada bumbunya. Warna hitam khas ayam bakar lumayan banyak terlihat. Dibanding ayam bakar Bulungan dan Ganthari, ukurannya lebih mungil.

Ah, dagingnya begitu empuk dan mudah disobek. Ungkepan yang lama membuat warnanya merata hingga ayam bagian dalam. Rasa dagingnya manis-manis gurih hingga ke tulangnya! Namun sambalnya terlalu pedas sehingga ayam bakar lebih enak dimakan tanpa sambal.

Dari ketiganya, detikfood menyukai ayam bakar Ganthari yang punya paduan komplet. Ayam gurih empuk dan nikmat, plus sambal yang pedas-pedas manis yang bikin rasanya seimbang dan harga yang ramah di kantong. Yang mana pilihan Anda?


Ayam Bakar Ganthari
Jl. Mahakam, Bulungan (Dekat Blok M Plaza dan SMU 6)
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jl. Panglima Polim V No. 13
Telp: 021-32064200

Ayam Bulungan
Jl. Bulungan Raya I/64
Jakarta
Telp: 021-7222005

Ayam Bakar Mas Mono
Jl. Tebet Raya No.57 Jakarta Selatan
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 31 Pulomas - Jakarta Timur
Jl. Gandaria I No 59 Jakarta Selatan
Jl. Salemba Raya Tengah no. 21 – Jakarta Pusat


(odi/flo)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close