detikfood
Kamis, 21/02/2013 11:32 WIB

Rekomendasi Redaksi

Hmm.. Semerbak Wangi Ayam Bakar Paling Empuk!

Flora Febrianindya - detikFood
Minyak, Emulsi dan Lemak
  • TRHPO
  • FORTUNE FRYING
  • DENOIL
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Lain-lain
thumbnail Foto: Detikfood
Semua tentu setuju jika menu ayam bakar jadi sajian lezat buat makan siang. Ayamnya diungkep terlebih dulu dengan bumbu lalu dibakar dengan olesan bumbu. Panas-panas tersaji dengan nasi hangat plus sambel yang pedas enak. Dijamin sebentar saja langsung ludes!

Khusus untuk menu ayam bakar, tiap orang punya lokasi favoritnya sendiri di Jakarta. Ada yang bilang ayam bakar buatan Mas Mono paling enak. Ada juga yang setuju jika ayam bakar di resto Ayam Bulungan punya rasa yang mantap. Namun pendapat lain merekomendasikan ayam bakar Gantharilah yang bumbunya paling nendang.

Penasaran, detikfoodpun tertarik untuk mencicipi satu persatu ayam bakar yang diberi label paling ini. Ketiganya cukup kondang di Jakarta dan konon punya rasa nikmat plus harga yang hemat di kantong. Kira-kira, mana yang paling juara enaknya?

Destinasi pertama yang didatangi adalah Ayam Bakar Ganthari. Lokasinya yang strategis di sebelah Blok M Plaza membuatnya selalu ramai pembeli. Salah satunya di kawasan Panglima Polim, tak jauh dari Blok M Plaza.

Tak perlu menunggu lama untuk seporsi ayam bakar plus nasi, sambal dan lalapan (Rp. 15.000). Tampak bumbu olesan cokelatnya mengilat-ngilat dan menebarkan aroma wangi. Di beberapa titik, tampak permukaan yang agak gosong karena kecap yang membentuk karamel terkena api arang. Dbalik bagian kulit, tampak daging ayam berwarna putih.

Bumbu olesan membuat ayam bakarnya agak liat. Dagingnya bertekstur sangat empuk dan mudah dikoyak. Begitu mendarat di mulut, rasanya paduan antara gurih dan manis. Enak! Makin mantap saat dicocol sambal tomat di sisinya. Sambalnya terasa pedas-pedas manis dan berjodoh dengan ayam bakarnya!

Bergeser sedikit ke belakang Blok M Plaza, ada sebuah restoran bernama Ayam Bulungan yang konon punya ayam bakar nikmat. Di sini, Ayam Bakar Bulungan (Rp. 16.000 belum termasuk nasi) bisa dinikmati di dalam ruangan yang nyaman, berpendingin udara dan sofa yang empuk.Next

(odi/flo)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).