detikfood
Rabu, 20/02/2013 10:36 WIB

NU Buat Badan Halal Atas Permintaan Umat

Flora Febrianindya - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Kosmetik
Ikan dan Produk Olahannya
thumbnail Foto: Khilafat World
Didirikannya Badan Halal Nahdlatul Ulama (BHNU) menuai pro dan kontra. Setelah didirikan pada Rabu (06/02/2013) lalu, BHNU dikhawatirkan akan memunculkan keraguan umat Islam dalam menentukan label halal yang benar. Apalagi sebelumnya sudah ada badan halal yang telah puluhan tahun berdiri.

Namun keraguan tersebut ditepis oleh ketua BHNU, Prof. H. Maksum Mahfudh. Menurutnya, BHNU didirikan atas permintaan umat, khususnya dari pengusaha dan konsumen dari golongan Nahdliyin.

"Sejak awal BHNU didirikan atas dasar mengakomodir keinginan umat Islam, khususnya pengusaha dan konsumen dari kalangan Nahdliyin. JIka dalam prakteknya mereka di luar NU juga mempercayakan labelisasi halal ke kami, kami siap," tegas Maksum (19/02/2013), dalam rilis yang diterima detikFood.

Menurut Maksum, BHNU merupakan tambahan variasi bagi umat Islam untuk pengurusan label halal atas produk yang dibuat, dipasarkan, dan dikonsumsi. "Artinya ada pilihan bagi umat Islam. Tidak seperti sekarang yang cenderung terjadi monopoli," lanjutnya.

BHNU juga mendesak pemerintah agar dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (RUU JPH) membuka kesempatan bagi pihak lain memberikan label halal. Dalam hal operasional, BHNU bekerjasama dengan PT Sucofindo (Persero) untuk proses penelitian produk di laboratorium. untuk membantu permodalan bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah, BHNU bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero).

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).