detikfood
Selasa, 19/02/2013 12:14 WIB

Kinyil-kinyil Hangat Sop Sapi, Sluurrp!

Odilia Winneke - detikFood
Sayuran dan Olahannya
  • Yu Long Corn Oil Plant extract
  • Wong Coco Sayur Kalengan Jagung Manis
  • VINISI Fruit Coctail (Buah-buahan kalengan)
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Obat-obatan
thumbnail Foto: detikfood
Ingin mengahangatkan tubuh siang ini? Sop sapi Mabes yang sudah tersohor sejak dulu sepertinya cocok. Potongan daging sapi yang empuk, kikil dan babat yang kinyil kinyil plus tauge yang royal tak hanya bikin kenyang tapi juga bisa menghangatkan perut. Hmm..sluurrp nikmat!

Kawasan Mangga Besar atau yang lebih dikenal dengan istilah Mabes memang sudah cukup tersohor sejak dulu. Apalagi kwetiaw gorengnya, hmm.. sudah tak ada yang meragukan lagi kelezatannya. Lokasinya yang disudut perempatan jalan memudahkan saya menemukannya.

Suasana rumah makan sangat ramai. Suara teriakan pegawai yang membacakan order di bagian tengah yang berfungsi sebagai 'open kitchen' berselingan dengan ramainya suara penggorengan diaduk. Sementara penjaja kerupuk, VCD, dan pengamenpun menambah suasana benar-benar riuh dan seru!

Spanduk besar yang terpampan di tembok memuat menu yang disajikan. Ada kwetiau goreng, kwetiau rebus, kwetiau siram, bakso kuah dan sup sapi. Saya langsung memesan seporsi kwetiau goreng sapi dan semangkuk sop sapi yang sepertinya bisa menghangatkan perut. Karena pengunjung sedang ramai, saya harus bersabar lebih untuk menantikan pesanan saya diracik.

Sambil menunggu pesanan, seporsi kembang tahu dan sari kacang hijau asli Pontianak menemani saya. Wah, sudah lama sekali tidak menemukan duaj enis makanan ini. Kembang tahu yang halus lembut dengan sirop jahe serta jus kacang hijau yang kental dan legit. Hmmm..benar-benar dingin enak!

Kawasan Mangga Besar cukup tersohor sejak lama. Kawasan wisata kuliner malam yang tak pernah sepi pengunjung, justru kalau malam semakin ramai. Di warung kwetiau sapi yang sudah berjualan sejak tahun 1973 ini tak hanya penjual kwetiaw saja yang ada, tapi juga ada pedagang otak-otak, sekoteng, dan penjual jajan pasar dan aneka camilan kering.

Akhirnya, setelah seporsi kembang tahu saya hampir habis barulah pesanan saya datang. Sepiring besar kwetiaw goreng dan juga semangkuk besar sop sapi masih hangat mengepul. Aromanya harum gurih menguar menggelitik hidung semakin bikin saya ingin cepat-cepat mencicipinya.Next

(odi/odi)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close