detikfood
Senin, 18/02/2013 17:23 WIB

Rekomendasi Redaksi

Nyam-Nyam Roti Abon Paling Empuk Enak di Jakarta!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Sayuran dan Olahannya
  • Yu Long Corn Oil Plant extract
  • Wong Coco Sayur Kalengan Jagung Manis
  • VINISI Fruit Coctail (Buah-buahan kalengan)
Mie Instan
Vitamin
thumbnail Foto: Detikfood
Meskipun sudah lama hadir, roti abon masih tetap menjadi idola banyak orang. Bagian atasnya diolesi dengan mayones manis kemudian ditaburi dengan abon sapi yang cokelat kemerahan. Hmm.. tekstur lembut dan gurih-gurih enak. Nyam-nyam!

Roti abon popuker dengan sebutan Fire Floss, atau Beef Floss mudah ditemui di toko-toko roti. Ada yang ditambahkan dengan cabai bubuk ada pula yang tampil berbagai bentuk. Harga dan ukurannyapun berbeda-beda, biasanya dijual satuan dalam bentuk lonjong dengan ukuran 14-17 cm.

Sebenarnya roti ini merupakan variasi roti manis yang dikenal dengan nama Taiwanese Bread. Roti manis dengan isian dan citarasa khas Asia. Adonan roti manis dibentuk bulat panjang kemudian dipanggang hingga matang. Sedangkan adonan olesan terbuat dari mayones, mustard dan gula halus yang dicampur menjadi satu.

Taburan abonnya atau yang biasa disebut dengan floss ini ditabur berlimpah di atasnya. Bisa berupa abon sapi, abon ayam, dan ada yang ditambah dengan cabai bubuk. Rasanya yang manis dan gurih membuat roti populer ini disukai banyak orang.

Tiap toko roti yang menawarkan roti abon memiliki nama yang berbeda, ada Fire Floss, Flossy Hottie juga Oval Sapi. Detikfoodpun telah mencicip racikan roti abon dari tiga bakery ternama di Jakarta, yaitu Breadtalk, BreadLife dan AJ Bakery & Cake. Hmm.. kira-kira mana ya yang paling lembut dan manis gurih rasanya?

Roti abon buatan Breadtalk diberikan nama Fire Floss. Tampilannya sangat menggiurkan dengan ukuran roti yang lumayan besar, panjangnya sekitar 16 cm. Permukaan rotinya diolesi dengan mayones yang dicampur dengan gula bubuk. Satu buah fire floss bread ini harganya Rp. 8.500.

Begitu digigit, teksturnya memang moist dan basah. Bagian dalamnya juga lembek dan tidak padat. Olesan mayonaisenya tidak berlebih dan cukup untuk merekatkan abon sapi dan serbuk cabai diatasnya. Abonnya berwarna kekuningan terasa manis dengan semburat pedas dari serbuk cabai.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).