detikfood
Rabu, 06/02/2013 17:28 WIB

Rekomendasi Redaksi

Martabak Manis yang Paling Empuk, Lembut dan Legit

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Obat-obatan
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: detikFood
Udara sore yang dingin paling asyik ditemani martabak manis yang empuk hangat. Adonannya dibuat dari tepung terigu yang diaduk dengan soda kue, telur dan santan. Aroma wanginya sudah mengulik hidung. Aplagi diberi taburan cokelat, kacang, keju dan dikucuri susu kental manis. Nyam-nyam!

Martabak manis dikenal juga dengan kue bulan atau terang bulan yang merupakan sejenis pancake. Disebut kue bulan karena bentuknya bundar seperti bulan. Biasanya dijajakan di malam hari dengan gerobak ataupun gerai sederhana.

Adonan martabak manis terbuat dari tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, ragi dan air. Setelah dicampur menjadi adonan yang kental dan berwarna putih, adonan didiamkan beberapa jam hingga terjadi fermentasi. Proses inilah yang membuat adonannya berserat dengan rongga-rongga halus dan empuk.

Kemudian adonan dicetak dengan wajan besi yang tebal yang sudah dipanaskan. Wajan besi yang panas inilah yang mematangkan adonan dan membentuk serat halus. Setelah kering dan matang barulah diangkat. Selanjutnya diolesi mentega atau margarin, diberi isian cokelat, kacang, wijen, keju parut dan susu kental manis. Dilipat dua lalu dipotong-potong.

Meskipun di Jakarta banyak yang menjajakan martabak manis. Namun ada tiga kedai martabak tersohor di Jakarta yang telah detikFood sambangi. Martabak San Francisco, Martabak Alim dan Martabak Gendut 76.

Pertama kami mencicipi martabak manis racikan Martabak San Francisco. Martabak manis ukuran medium (Rp. 27.000) setinggi 4 cm berisi delapan potong martabak dengan isian meisjes cokelat untuk pilihan toppingnya. Permukaan martabak berwarna cokelat merata dengan olesan margarin yang merata.

Martabaknya tebal, bertekstur padat garing dan empuk dibagian dalamnya. Aroma wangi gulapun beradu sempurna dengan legit meisjes. Rasa manis pada adonan tidak begitu kuat, justru rasa manis dari cokelatlah yang terasa jelas.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).