detikfood
Senin, 04/02/2013 06:24 WIB

Bawa Bekal ke Kantor Terbukti Hemat Pengeluaran

Fitria Rahmadianti - detikFood
Roti dan Kue
  • Snackit Moon Cake
  • Snackit Kue Pia 100 rasa rasa pandan
  • Snackit Kue Pia 100 rasa kacang merah
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Jamu
thumbnail Foto: Thinkstock
Harga-harga semakin mahal, sementara penghasilan tak bertambah. Jika Anda sedang mengalami masalah finansial, pengiritan tentu harus dilakukan. Agar pengeluaran sehari-hari dapat ditekan, bawalah bekal ke kantor.

Pos pengeluaran untuk makan sehari-hari bisa menelan banyak biaya jika Anda terus-menerus membeli makanan di luar. Apalagi jika Anda berangkat sangat pagi sampai tak sempat sarapan, dan pulang larut malam karena lembur. Uang makan tiga kali sehari saja bisa memakan pos untuk keperluan lain.

Solusinya, bawalah bekal. Di Jepang, membawa bekal ke kantor maupun sekolah sangat lumrah dan bukanlah hal memalukan. Maklum saja, tiga kota di negara Matahari Terbit ini masuk dalam daftar 'World's Most Expensive Places to Live 2012' versi CNBC.

Seiring dengan semakin melambungnya harga-harga, warga Jepang mulai mengirit pengeluaran. Berdasarkan informasi yang dilansir situs Rocket News 24 (18/10/12), pengeluaran rata-rata untuk makan siang, minum-minum, camilan, dan keperluan sehari-hari di negara tersebut turun hampir 50% dalam 20 tahun.

Di artikel berbeda (22/01/13), situs Jepang tersebut memberitakan tips para pekerja mengirit pengeluaran makan siangnya. Sebagian besar mengaku membawa bekal ke kantor.

"Saya membawa bekal ke kantor sejak menikah 25 tahun lalu. Saya memasak makanan malam sebelumnya dan membungkusnya di pagi hari. Saya senang mengatur seberapa banyak makanan yang ada di kotak bekal saya," ujar Wataru Takaoka (49).

Akihiko Suzumura yang baru menikah dua tahun lalu saat ini sedang banyak keperluan. Untuk itu, ia harus pintar-pintar mengatur keuangan. Isterinya membuat makan siang sekaligus untuk sarapan dan makan malam. Mereka juga memanfaatkan diskon dan menggunakan kartu anggota supermarket untuk mengumpulkan poin.Next

(odi/fit)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).