detikfood
Kamis, 31/01/2013 11:20 WIB

Rekomendasi Redaksi

Huah! Ini Dia Ayam Penyet yang Paling Pedas Menggigit!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Huah! Ini Dia Ayam Penyet yang Paling Pedas Menggigit! Foto: detikFood
Hidangan serba penyet gaya Suroboyoan sedang digandrungi banyak orang. Ayam goreng dengan balutan bumbu ungkep sederhana dipenyet agar empuk. Semakin dahsyat dicocol ke dalam sambal rawit merah yang aduhai pedasnya. Huah..huah!

Ayam penyet merupakan hidangan khas Surabaya, Jawa Timur. Hidangan khas Suroboyo cenderung gurih dan pedas. Seperti ayam penyet yang terkenal dengan penyajiannya di atas cobek dengan sambal rawit merah yang segar sebagai pelengkap wajibnya.

Sebelum digoreng ayamnya diungkep dengan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas dan garam. Kemudian digoreng hingga kering dan dipenyet atau digeprek atau dimemarikan di atas sambal cabai rawit merah. Rasanya yang pedas gurih cocok dimakan dengan nasi pulen hangat.

Tiga restoran yang menyuguhkan hidangan Ayam Penyet yang pedas mantap telah disambangi detikFood. Kamipun mengunjungi Warung Bu Kris, Dapur Penyet dan Warung Leko. Hmm.. dari ketiganya mana Ayam Penyet yang empuk gurih dan pedas menggigit?

Ayam penyet yang kondang di Surabaya Warung Bu Kris sudah sangat dikenal di Jakarta. Satu potong Ayam Penyet (Rp. 15.000) bagian dada berukuran sedang, disajikan di atas cobek kecil bersama sambal rawit merah yang garang juga lalapan kol dan mentimun. Ayamnya dibumbui sederhana dan terasa kuat aroma bawangnya.

Karena ayamnya dipenyet setelah digoreng kecokelatan, teksturnya jadi lebih lembut dan empuk gurih. Sambal rawit merah yang jadi cocolannya terasa sangat pedas dengan semburat aroma terasi yang gurih wangi. Hmm.. makin mantap dimakan dengan nasi pulen yang hangat.

Lain halnya dengan ayam penyet racikan Dapur Penyet. Ayamnya justru tidak digeprek seperti ayam penyet dari Warung Bu Kris, justru disajikan seperti ayam goreng umumnya. Disajikan di atas cobek dengan sambal penyetnya yang berwarna merah dengan sedikit jejak minyak.

Warna ayamny cenderung lebih gelap, beraroma bawang dan gurih. Bertekstur empuk namun agak basah dengan aroma bawang yang sedap. Sambal penyet yang berminyak terasa agak manis dan tendangan sedikit rasa pedas. Harga seporsi ayam penyet ini cukup murah yaitu Rp. 16.900.

Racikan ayam penyet dari Warung Leko (Rp.20.000) juga tak kalah enaknya. Ayam yang digoreng hingga kekuningan ini disajikan bersama sambal rawit yang lumayan royal. Aroma bawang pada ayam terasa kuat. Berpadu serasi dengan aroma segar cabai rawit yang diulek halus.

Tekstur ayam gorengnya empuk dan lembut dengan warna kekuningan. Sambal rawit merahnya hampir mirip dengan buatan Warung Bu Kris, pedas menggigit dengan rasa pedas dan segarnya bawang putih. Dilengkapi dengan lalap timun dan kemangi.

Ayam penyet yang pedas menggigit Warung Bu Kris memang lebih mantap di antara ketiganya. Daging ayamnya lembut dan bumbunya meresap gurih. Sambal rawit merahnya, mantap pedasnya. Terutama dengan semburat terasi yang enak. Tingkat kepedasannya juga bisa dipilih.

Nah, kalau siang ini mau makan enak mantap dengan ayam yang pedas menggigit, mampir saja di salah satu resto ayam penyet ini. Dijamin nasi seporsi pun kurang dan keringat bercucuran! Sedap!

Warung Bu Kris
Jl. Letnan Sutopo Ruko Golden Madrid 2
Blok G-007, BSD City
Tangerang
Telepon: 021-53153641

Jl. Raya Fatmawati No.37 D
Fatmawati, Jakarta Selatan
Telepon: 021-75900802

Jl. Pluit Permai Raya No.10
Pluit – Jakarta Utara
Telepon: 021-33833357/6693926
Jam Buka: 10.00 – 22.00

Dapur Penyet
Living World Mall
Ground Floor
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav.21
Serpong-Tangerang

Jl. Pahlawan Khomarudin
Cakung-Jakarta Timur

Supermall Karawaci
Lantai UG No.48
Tangerang

Warung Leko
Setiabudi 1 Lt.1 Suite A212
Jl. Rasuna Said No.62
Kuningan-Jakarta Selatan
Telepon: 021-2522342

Mall Ciputra Lantai 5 Unit 32 A-B
Jl. Letjen S. Parman
Jakarta Barat

Jl. Gajah Mada No.123
Jakarta Barat
Telepon 021-6007103


(odi/dyh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan