detikfood
Kamis, 31/01/2013 11:20 WIB

Rekomendasi Redaksi

Huah! Ini Dia Ayam Penyet yang Paling Pedas Menggigit!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Mie Instan
thumbnail Foto: detikFood
Hidangan serba penyet gaya Suroboyoan sedang digandrungi banyak orang. Ayam goreng dengan balutan bumbu ungkep sederhana dipenyet agar empuk. Semakin dahsyat dicocol ke dalam sambal rawit merah yang aduhai pedasnya. Huah..huah!

Ayam penyet merupakan hidangan khas Surabaya, Jawa Timur. Hidangan khas Suroboyo cenderung gurih dan pedas. Seperti ayam penyet yang terkenal dengan penyajiannya di atas cobek dengan sambal rawit merah yang segar sebagai pelengkap wajibnya.

Sebelum digoreng ayamnya diungkep dengan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas dan garam. Kemudian digoreng hingga kering dan dipenyet atau digeprek atau dimemarikan di atas sambal cabai rawit merah. Rasanya yang pedas gurih cocok dimakan dengan nasi pulen hangat.

Tiga restoran yang menyuguhkan hidangan Ayam Penyet yang pedas mantap telah disambangi detikFood. Kamipun mengunjungi Warung Bu Kris, Dapur Penyet dan Warung Leko. Hmm.. dari ketiganya mana Ayam Penyet yang empuk gurih dan pedas menggigit?

Ayam penyet yang kondang di Surabaya Warung Bu Kris sudah sangat dikenal di Jakarta. Satu potong Ayam Penyet (Rp. 15.000) bagian dada berukuran sedang, disajikan di atas cobek kecil bersama sambal rawit merah yang garang juga lalapan kol dan mentimun. Ayamnya dibumbui sederhana dan terasa kuat aroma bawangnya.

Karena ayamnya dipenyet setelah digoreng kecokelatan, teksturnya jadi lebih lembut dan empuk gurih. Sambal rawit merah yang jadi cocolannya terasa sangat pedas dengan semburat aroma terasi yang gurih wangi. Hmm.. makin mantap dimakan dengan nasi pulen yang hangat.

Lain halnya dengan ayam penyet racikan Dapur Penyet. Ayamnya justru tidak digeprek seperti ayam penyet dari Warung Bu Kris, justru disajikan seperti ayam goreng umumnya. Disajikan di atas cobek dengan sambal penyetnya yang berwarna merah dengan sedikit jejak minyak.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).