detikfood
Sabtu, 12/01/2013 12:08 WIB

Ternyata Jumlah Orang yang Berdiet Semakin Sedikit

Fitria Rahmadianti - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Obat-obatan
Ikan dan Produk Olahannya
thumbnail Foto: Thinkstock
Kemunculan aneka pola diet baru membuat kita berpikir bahwa semakin banyak orang yang menerapkan diet. Ternyata, menurut sebuah perusahaan riset yang telah meneliti perilaku diet selama hampir 30 tahun, jumlahnya justru semakin sedikit.

The NPD Group mengungkapkan hasil survei terbarunya tentang pelaku diet di Amerika Serikat. Pada 1991, sebanyak 31% orang dewasa mengaku sedang diet. Namun, 21 tahun kemudian, hanya 20% orang yang mengatakan hal serupa. Penurunan persentase ini juga terjadi pada wanita. Dibanding 34% pada 1992, pada 2012% angkanya turun menjadi 23%.

Pandangan mereka terhadap ukuran tubuh juga berbeda dengan 28 tahun lalu. Sebanyak 55% responden pada 1985 setuju bahwa orang kurus terlihat lebih menarik. Namun, tahun lalu, persentasenya menurun menjadi 23%. "Ini salah satu perubahan terbesar dalam sikap kita terhadap kesehatan selama 30 tahun terakhir," ujar Harry Balzer, wakil ketua NPD.

Diduga, hal ini terjadi karena perubahan konsep 'menarik' dan 'normal'. Pasalnya, hampir 63% dari populasi orang dewasa di AS mengalami kegemukan atau obesitas. Pemahaman kita akan berat badan yang sehat juga berubah, karena bukti baru memperlihatkan bahwa sedikit gemuk baik untuk tubuh serta dapat membuat panjang umur.

Seperti kita ketahui, awal tahun seringkali diisi dengan resolusi diet, namun belum tentu terlaksana dengan baik hingga tahun tersebut berakhir.
NPDpun menemukan bahwa titik terendah diet adalah dua minggu terakhir sebelum pergantian tahun.

"Namun, selama dua minggu pertama Januari, data kami menunjukkan jumlahnya naik hingga 47%," ujar Balzer, seperti dilansir situs resmi NPD (07/01/13). Totalnya, kini ada 50 juta orang dewasa di Amerika yang sedang berdiet.

Meski orang yang mengerjakan diet lebih sedikit, persentase orang yang tetap bertahan dengan dietnya selama lebih dari setahun, naik. Pada 2004, hanya 22% orang yang tetap berdiet. Angka ini naik menjadi 27% pada 2012.

"Selalu ada orang dewasa yang menjadikan diet sebagai gaya hidup... Saya harap mereka sedang tidak berusaha menurunkan berat badan. Mudah-mudahan melakukan diet permanen adalah pilihan gaya hidup," tutupnya.
(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close