detikfood
Selasa, 08/01/2013 13:44 WIB

Masuki Usia 24 Tahun, LPPOM MUI Makin Dipercaya Publik

Flora Febrianindya - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Roti dan Kue
Ikan dan Produk Olahannya
thumbnail Foto: detikFoto
Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) tahun ini genap berusia 24 tahun. Melalui perjalanan selama 3 dasawarsa, lembaga ini makin mendapat kepercayaan publik.

Terbukti dari laporan kinerja LPPOM MUI yang disampaikan langsung oleh Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim., M.Si. Disampaikan Lukmanul, di tahun 2012, LPPOM MUI banyak mendapatkan pencapaian positif. Terlihat dari jumlah produk halal, yang tercatat mencapai angka 97.903 produk. Bahkan menurut survei independen yang dilakukan LPPOM MUI, minat masyarakat meningkat hingga 92,2 persen di tahun 2010.

“Karenanya, diperlukan upaya bersama dalam pengelolaan produk halal dalam negeri, agar Indonesia tidak sekadar menjadi penonton, tapi justru menjadi pemain utama di bisnis halal dunia,” kata Lukmanul, dalam sambutannya pada tasyakuran LPPOM MUI yang diselenggarakan di Gedung MUI Jakarta, pada 6 Januari 2012.

Dalam acara bertajuk “24 Tahun LPPOM MUI Tulus Mengabdi Untuk Ummat” tersebut, Lukmanul juga memaparkan jika sistem sertifikasi berbasis internet (CEROL SS-23000) juga turut meningkatkan kesadaran produsen akan sertifikasi halal. Terbukti sejak diperkenalkan pada Mei 2012, sudah ada 6417 perusahaan yang mendapatkan sertifikasi dari layanan ini.

LPPOM MUI juga melakukan penguatan secara kelembagaan. Di lingkup dalam negeri, LPPOM MUI sudah menandatangani nota kesepahaman dengan berbagai perguruan tinggi. Kiprah LPPOM MUI di dunia internasional juga tak main-main. LPPOM MUI juga merupakan pemimpin dewan pangan halal dunia (World Halal Food Council).

Sistem jaminan halal LPPOM MUI juga turut diimplementasikan oleh 41 lembaga dari 23 negara. WHFC sendiri beranggotakan 34 lembaga sertifikasi halal dari 19 negara.

Perkembangan produk halal di Indonesia dan dunia yang sangat pesat juga menuntut LPPOM MUI untuk senantiasa meningkatkan pelayanan. “Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjawab tuntutan perkembangan sertifikasi halal yang semakin tinggi,” ungkap Lukmanul.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).