detikfood

Kamis, 20/12/2012 11:28 WIB

Kriiing! Nasi Bogana dan Nasi Bali pun Tersaji di Meja Kantor!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Kriiing! Nasi Bogana dan Nasi Bali pun Tersaji di Meja Kantor! Foto: detikFood
Artikel Terkait

Malas ke luar kantor untuk makan siang? Angkat telepon dan pesanan aneka nasi rames nusantara bisa langsung Anda nikmati. Nasi bogana yang berlauk komplet, dibungkus daun pisang, lengkap dengan kerupuk dan jeruk manis. Nasinya pulen lauknya sedap!

Media online tak hanya dimanfaatkan untuk menambah teman. Bahkan sebagian orang memanfaatkannya untuk berbisnis. Seperti yang dilakukan Anis Fatiani, pemilik Nasi Bogana Delivery.

Bisnis ini sangat membantu buat mereka yang tak mau terjebak macet dan tak punya banyak waktu untuk makan siang.

Usaha yang baru dirintisnya pada awal tahun 2012 ini bermula dari kecintaannya pada masakan Indonesia. Usaha yang belum genap setahun namun mendapat tanggapan baik dari pencinta makanan tradisional. Menu yang ditawarkan ada 3 jenis. Ada nasi bogana, nasi Bali dan nasi bakar.

Karena tak mau membuang waktu terjebak kemacetan, maka suatu siang kamipun mencoba memesan nasi bogana ukuran sedang (Rp. 25.000), nasi bali ukuran sedang (Rp.25.000) dan nasi bakar (Rp. 25.000) untuk diantar ke kantor.

Nasi kompletnini datang dengan kemasan menarik. Ditaruh dalam boks berwarna hijau cerah dan diberi label Nasi Bogana Delivery. Satu boksnya berisi nasi bogana yang dibungkus daun pisang, dilengkapi dengan kerupuk udang, buah juga sendok dan tisu dalam plastik transparan. Begitu pula dengan kedua jenis nasi komplet lainnya.

Meskipun memesan porsi sedang, nasi bogananya terlihat gendut. Karena ada 6 jenis lauk-pauk yang dibungkus bersama nasi. Di dalamnya ada nasi gurih yang pulen, sambal goreng tempe, tumis kacang panjang, ayam kari suwir, dendeng age, sambal goreng ati dan setengah telur pindang.

Aroma harum nasi dan daun pisang langsung tercium saat bungkus dibuka. Suwiran dada ayam berbumbu kari tak terlalu kuat aromanya tetapi gurih. Sementara dua jenis sambal yaitu sambal goreng ati dan sambal goreng tempe, rasanya cenderung manis. Khas rasa Jawa Tengah.

Sedangkan dendeng age yang rasa dan teksturnya mirip serundeng, manis dan agak gurih. Porsi lauknya pas dinikmati dengan nasi berporsi sedang. Jika suka pedas, tentu nasi ini akan terasa kurang nendang gigitan pedasnya.

Ternyata Nasi Bali dengan 5 macam lauk juga tak kalah sedap. Ada ayam suwir bumbu bali, dimasak dengan bumbu cabai halus. Rasanya sedikit pedas, demikian juga dengan dendeng sapi berbumbu dengan semburat manis, gurih dan sedikit pedas.

Selain itu juga ada tumis kari kacang panjang dengan bumbu berwarna kuning. Rasanya agak gurih melengkapi kerenyahan kacang panjang yang segar. Untuk sensasi krenyes garing bisa didapat dari kering tempe kacang yang warnanya kecokelatan. Telur pindang setengah butir juga diberikan untuk melengkapi isiannya.

Lain lagi dengan nasi bakar. Nasi bakar ini agaknya dikukus dulu sebelum dibakar sehingga mirip pepes. Saat dibuka, aromanya gurih sedikit asam khas ikan cakalang bercampur sempurna dengan wangi kemangi dan bawang merah yang menggelitik hidung.

Karena nasinya dibakar bersama bawang merah, cabai rawit dan sereh, rasanya jadi lebih gurih dengan sedap rempah-rempah bercampur dalam nasi purihnya. Ikan cakalang yang jadi lauknya, disuir-suir dengan aksen lembut, gurih dan pedas. Tekstur sedikit renyah terasa saat dikunyah karena ada duan kemangi dan daun melinjo muda.

Ah, seporsi nasi komplet khas daerah ini ternyata lebih sedap, bersih dan praktis. Selain tak membuang waktu, kemasan yang rapi membuat nasi ini bisa dijadikan menu makan siang saat rapat atau kumpul dengan teman kantor.

Nasi Bogana Delivery menawarkan dua jenis porsi, yaitu porsi sedang seharga Rp. 25.000 dan porsi besar Rp. 28.000 sudah termasuk buah, kerupuk dan minum. Kalau ingin lebih hemat juga bisa pilih nasi bogana tanpa box Rp. 17.000 untuk ukuran sedang dan Rp. 20.000 untuk ukuran besar.

Kalau siang ini tak mau keluar kantor, coba saja kontak Nasi Bogana ini! Nyam-nyam!

Nasi Bogana Delivery
Telp. 021-70049495/08129495900
Twitter: @NasiBogana
Web: www.nasi-bogana.com

(odi/dyh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close