detikfood
Selasa, 11/12/2012 10:59 WIB

Slruup... Segar Gurih Sup Kepala Ikan Lembongan

Odilia Winneke - detikFood
Slruup... Segar Gurih Sup Kepala Ikan Lembongan Foto: detikfood
Sajian di warung ini sangat sederhana. Sup kepala ikan dan ikan goreng Kepala ikan disajikan dengan kuah berempah dan irisan mentimun. Slurpp... hmm rasanya asam segar saat dihirup. Ikan goreng krenyes gurih dan makin sedap saat dicocol sambal gorengnya.

Warung makan ini memang tak sebagus rumah makan di kawasan Renon. Tempatnya sangat sederhana dengan jejeran kursi lipat dan meja-meja memanjang. Sajian istimewanya yang berupa Sop Kepala Ikan dan Ikan Goreng memang menjadi daya tarik bagi pengunjung rumah makan ini.

Warung Lembongan ini memang mengambil makanan andalan dari Nusa Lembongan, tempat sang pemilik berasal. Dua menu andalan sop kepala ikan dan ikan goreng pun langsung jadi pilihan utama. Tak ketinggalan sepiring nasi putih hangat ikut menjadi pelengkap sempurna hidangan ini.

Sop kepala ikan disajikan dalam mangkuk merah dalam keadaan yang mengepul panas. Wah... potongan mentimun yang jadi pelengkapnya membuat sop ini sedikit unik. Kuahnya kaya bumbu dengan warna kekuningan, terasa segar dengan semburat rasa jahe, bawang dan serai saat menyentuh lidah. Slurppp... rasanya yang asam-asam segar membuat saya langsung kepincut akan sajian yang satu ini.

Kepala ikan yang digunakan adalah ikan barakuda karena itu dagingnya tebal. Sendok garu pun saya tinggalkan dan digantikan oleh jari-jari tangan yang sudah asyik mempreteli si kepala ikan. Sruupp... saat-saat menyeruput daging-daging yang terselip diantara tulang-tulang ikan yang sedikit lemak adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Menurut teman saya sang pemiliknya pernah bekerja di Warung Mak Beng - sebuah rumah makan di Pantai Sanur - yang juga menyajikan menu andalan sop kepala ikan dan ikan goreng sejak puluhan tahun lalu. Jadi tak heran kalau rumah makan ini menawarkan menu serupa. Dan berhubung saya belum pernah mencicipi versi Mak Beng maka saya pun belum bisa membandingkan keduanya. Pastinya yang satu ini langsung jadi rumah makan favorit saya.

Saking asyiknya menikmati sop kepala ikan, si ikan goreng hampir lupa dicicipi. Satu porsi ikan goreng versi Warung Lembongan ini bukan terdiri dari satu ikan utuh, melainkan irisan daging ikan yang dipotong-potong melebar. Tampilannya biasa saja layaknya ikan goreng. Pelengkap si ikan goreng adalah sambal goreng yang dilengkapi irisan jeruk nipis.

Saat mencicipinya wouw... saya tertipu tampangnya yang 'kurang meyakinkan'. Bagian luar daging ikan - terutama kulitnya sangat garing dan gurih. Wah... daging ikannya kenyal segar dan tidak berbau amis. Ini membuktikan bahwa ikan yang digunakan segar.

Jika memesan ikan goreng ini jangan lupa untuk menikmatinya bersama sambal goreng yang berwarna cokelat nyaris kehitaman. Jejak manis dan pedas sambal yang dicolek bersama daging ikan sangat klop saat berpadu bersama sesuap nasi putih di dalam mulut.

Kejutan lainnya saya dapatkan pada saat membayar. Kelezatan seporsi sop kepala ikan ternyata cukup ditebus dengan uang sebesar Rp 9000,00 dan Rp 10.000,00 untuk ikan goreng. Wah, ternyata dengan uang tak lebih dari Rp 25.000,00 saya sudah dapat menikmati makan siang yang lezat dan tak terlupakan. Pastinya jika lain kali berkunjung ke Pulau Dewata, saya tak bakal melewatkan kesempatan untuk menikmati sop kepala ikan Lembongan.

Warung Lembongan
Jl. Kapten Cok Agung Tresna 6C
Renon - Bali
Telp: 0361-221437
Jam Buka: mulai pukul 08.00 - malam

(odi/odi)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan