detikfood
Rabu, 05/12/2012 14:05 WIB

Mainan Masak-masakan Bukti Diskriminasi Anak Laki-laki?

Fitria Rahmadianti - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Flavor
Mie Instan
thumbnail Foto: Thinkstock
Seorang gadis 13 tahun telah mengumpulkan lebih dari 27.000 dukungan terhadap petisi yang ia buat. Ia meminta produsen mainan Hasbro membuat oven untuk anak laki-laki, karena adiknya meminta mainan tersebut untuk kado Natal.

Selama ini, boneka dan mainan masak-masakan selalu dipasarkan untuk anak perempuan. Iklannya dibintangi gadis kecil, begitupula dengan warna mainannya yang didominasi pink dan ungu. Ternyata, menurut McKenna Pope (13), hal ini merupakan bentuk ketidaksetaraan gender.

Hal ini berawal dari keinginan sang adik, Gavyn (4), mendapat mainan dinosaurus dan Easy Bake Oven buatan Hasbro di hari Natal. Namun, ia berpendapat bahwa hanya anak perempuan yang bermain dengan oven tersebut. "Aku tidak tahu bagaimana dan mengapa mereka hanya menampilkan anak perempuan di iklannya," kata Gavyn di Youtube, dalam video berjudul 'Fight Hasbro for Gender Equality'.

Pope khawatir Easy Bake Oven dapat membunuh kecintaan adiknya terhadap dunia memasak, hanya karena mainan ini dipasarkan untuk anak perempuan. "Aku ingin adikku tahu bahwa keinginan menjadi chef bukanlah hal yang salah," tulisnya di situs Change.org. Iapun menyebutkan Gordon Ramsay sebagai salah satu chef pria sukses.

Karena itulah, ia membuat petisi yang ditujukan ke CEO Hasbro Brian D. Goldner dan petinggi Hasbro lainnya. Pope menyatakan bahwa produk Easy-Bake Ultimate Oven mendorong peran gender yang selama ini diyakini masyarakat: bahwa wanita memasak dan pria bekerja mencari nafkah.

Menurut Pope, kemasan dan materi promosi Easy Bake Oven memperlihatkan bahwa membuat kue dan memasak adalah hobi anak perempuan saja. Ia juga menganggap warna pink dan ungu di mainan tersebut mengesankan bahwa memasak adalah kegiatan perempuan.

Pope mendesak Hasbro untuk melibatkan pria dalam kemasan. Ia juga meminta agar produk Hasbro menampilkan warna yang tidak spesifik terhadap gender tertentu, seperti merah, hijau, atau biru. "Tolong, bantu anak-anak muda untuk mengerti bahwa memasak dan membuat kue bisa dilakukan oleh siapapun, tidak hanya oleh kelompok orang tertentu," pungkas Pope.

Ternyata, usahanya mendapat banyak dukungan. Per Rabu (5/11/12) pukul 13:03 WIB, jumlahnya sudah mencapai 27.690!

Katy Van Putten, salah satu pendukung petisi ini, mengatakan bahwa kesetaraan gender sangat penting dalam pemasaran produk jika kita ingin melihat kesetaraan perlakuan gender dalam pekerjaan.

Sementara itu, Christopher Shookla yang mengaku tak bergantung pada istrinya dalam urusan memasak, memuji tindakan Pope. "McKenna... Saya menghargai kamu dan salut terhadapmu. Kamu anak yang bijaksana dengan hati yang baik :) Jangan berubah ya..." tulisnya di kolom komentar.
(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).