detikfood
Rabu, 28/11/2012 17:00 WIB

Rekomendasi Redaksi

Sluuurp! Ini Dia Mi Ayam Bakso Legendaris yang Enak di Jakarta!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Vitamin
Sayuran dan Olahannya
thumbnail Foto: detikFood
Mie ayam merupakan jajanan populer di Indonesia termasuk di Jakarta. Ada beberapa rumah makan yang setia menjual racikan mie ayam sejak puluhan tahun silam. Bagaimana sajian mie ayam ini yang tak pernah surut penggemar? Mana yang paling enak?

Bakmi ayam atau mie ayam merupakan salah satu hidangan yang diadaptasi dari kuliner China. Meskipun demikian banyak varian mie beradaptasi dengan cita rasa lokal. Seperti beberapa rumah makan di Jakarta yang menyajikan mie gaya China dengan bahan yang halal.

Pada mie ayam varian biasa umumnya menggunakan mi telur yang lentur dan pipih, sawi, dan potongan daging ayam bumbu kecap yang ditaburi irisan daun bawang. Kuahnya merupakan kaldu ayam yang dicampur bawang putih, daun bawang, merica dan garam. Bakso, pangsit rebus dan goreng jadi pelengkapnya.

Kini mie ayam banyak dijajakan keliling dengan gerobak hingga menjadi andalan menu rumah makan dan restoran khusus mie. DetikFood mencoba mencicipi Mi ayam plus bakso di tiga warung mi ayam legendaris di Jakarta. Mie Ayam Gondangdia, Bonbin dan Restoran Tropik.

Mie ayam bakso racikan Mie Ayam Gondangdia (Rp. 20.000) menjadi target pertama. Resto legendaris ini tak pernah berubah tampilannya demikian juga racikan mie nya. Seporsi mie ayam berisi mi, sawi, potongan daging ayam dan tiga butir bakso. Kuah kaldunya disajikan terpisah dan ditaburi daun bawang iris.

Mie berporsi royal ini berwarna putih, lurus dan tidak keriting. Teksturnya halus dan sangat mulur, sepertinya dibuat sendiri. Daging ayamnya dipotong dadu, warnanya cokelat terasa gurih dan agak manis. Sedangkan baksonya bertekstur lembut dan renyah. Kuah kaldu disajikan terpisah, terasa gurih dengan sedikit jejak minyak.

Mia ayam Bonbin punya racikan yang hampir mirip. Isiannya sama dengan mi ayam bakso racikan Gondangdia. Bedanya bakso hanya diberikan dua buah dan warnanya kecoklatan, bertekstur renyah dan lebih padat. Rasa mienya lentur dan agak kenyal, bentuknya sedikit lebih keriting dengan taburan daun bawang di atasnya.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).