detikfood
Selasa, 30/10/2012 16:11 WIB

Rekomendasi Redaksi

Slurrp, Ini Die Soto Betawi Paling Enak Se-Jakarte!

Flora Febrianindya - detikFood
Slurrp, Ini Die Soto Betawi Paling Enak Se-Jakarte! Foto: Detikfood
Sedap gurih soto Betawi memang selalu bikin lapar. Potongan daging, usus, babat dan paru berpadu dengan kuah santan yang gurih mulus mengelus lidah. Plus ditambah kucuran jeruk nipis, bawang goreng, emping dan sambal merah yang bikin makin enak. Disuap bersama nasi putih hangat. Duh, sedepnye!

Soto Betawi merupakan olahan daging dan jeroan sapi yang disiram dengan kuah gurih hangat. Kuahnya dibuat dari air kaldu yang berpadu dengan aneka rempah seperti bawang merah dan putih, jahe, daun salam, serai dan cengkeh. Kemudian ditambahkan dengan santan, dan ataupun susu sapi yang membuatnya terasa gurih di lidah. Ada juga yang menambahkan minyak samin agar rasanya lebih enak.

Di Jakarta, ada banyak penjual soto Betawi yang tersohor enaknya. Biasanya usaha sotonya sudah turun temurun dijalankan. Maka tak heran, di papan nama penjual soto Betawi, biasanya tertulis tahun awal mula warung soto mulai dibuka. Pelanggannyapun kebanyakan sudah bertahun-tahun setia mampir ke warung soto Betawi ini!

Beberapa penjual soto Betawi yang kesohor di Jakarta di antaranya adalah buatan H. Husen, H. Saleh Kumis 45, Soto Betawi Ratu Plaza, dan juga soto Betawi racikan H. Mamat di daerah BSD. Karena penasaran mana yang paling enak, detikFoodpun mencicipi semuanya satu persatu. Mana yang paling enak gurih?

Pertama, kami cicipi soto Betawi racikan H. Husen. Lokasinya selalu ramai pembeli, membuat kamipun ingin juga mencobanya. Sotonya dijual dengan harga lumayan terjangkau, yaitu Rp. 17.000. Ada pilihan soto paru, soto daging dan juga soto campur. Seporsinya hadir dengan sambal dan emping. Kuahnya berwarna kuning kemerahan dengan aroma yang sedap menggelitik hidung.

Saat kuahnya diseruput, wuiih, rasanya gurih enak dengan aksen manis! Kuahnya dibuat dari santan dan juga susu, membuat rasanya gurih dan lembut. Dagingnya juga istimewa, karena teksturnya empuk enak. Paduan antara kuah yang sedap dengan daging lembut. Apalagi ditambah dengan emping yang membuatnya makin lengkap. Sayang, sambalnya kurang pedas untuk ukuran lidah kami.

Soto Betawi Ratu Plaza (Rp. 33.500) juga tak ketinggalan dicoba. Kuahnya tampak berwarna coklat muda dengan tampilan yang lebih 'meriah'. Di dalamnya ada irisan tomat, kentang, irisan daging dengan jumlah generous, dan juga tambahan acar, jeruk limau, kecap, sambal dan emping.

Begitu dicicip, rasanya gurih halus saat tercecap di lidah. Karena terasa kurang asin, kamipun perlu menambahkan garam agar rasanya pas di lidah. Kuahnya terasa gurih lembut. Dagingnya juga istimewa, karena potongannya besar dan juga jumlahnya banyak. Plus ada beberapa potongan kentang bertekstur empuk yang membuatnya makin istimewa.

Lalu bagaimana dengan soto kambing buatan H. Saleh Kumis 45? Di sini, penyuka jeroan bisa memilih mau menikmati soto betawi dengan isian apa. Warna kuahnya coklat muda yang tampak keruh dengan aroma harum kaldu yang berpadu dengan santan. Disajikan di dalam mangkok besar dengan isian melimpah.

Kuahnya tercecap gurih enak di lidah. Ada after taste manis saat dicicipi. Rasa gurihnya begitu kuat dan mendominasi, dengan irisan daging yang melimpah di dalamnya, Tak lupa, seporsi soto betawi disajikan lengkap dengan emping, irisan kentang, dan daun bawang, seledri, plus bawang goreng. Harga seporsinya (Rp. 30.000) sepadan dengan porsi dan rasanya.

Agak minggir sedikit dari wilayah Jakarta, kami juga mencicipi soto Betawi racikan H. Mamat di bilangan BSD, Tangerang. Warna kuahnya mirip dengan buatan H. Husen, yaitu kuning kemerahan, dengan tekstur kuah yang lebih kental. Tampak sedap dan menggoda dengan aroma santan berpadu rempah yang menggelitik.

Soto Betawi seharga Rp. 23.000 ini diisi dengan daging yang diiris tipis. Hmm, rasanya empuk lezat di lidah! Apalagi saat menyesap kuahnya, yang merupakan paduan antara gurihnya santan dan aneka rempah yang membuatnya terasa sedap. Disuap bersama emping dan juga irisan tomat, membuat rasanya makin nikmat!

Setelah mencicipi empat soto Betawi, detikFood menyimpulkan jika soto Betawi buatan H. Mamat dan juga H. Husen punya kemiripan rasa. Keduanya sama-sama gurih sedap dengan daging yang empuk enak. Namun untuk yang suka soto Betawi dengan rasa yang lebih medok, bisa menikmati soto Betawi buatan H. Soleh Kumis 45. Untuk yang suka soto Betawi dengan rasa yang gurih lembut, silahkan mampir ke Soto Betawi Ratu Plaza.

Nah, mana yang Anda pilih?


Haji SALEH KUMIS 45
Jl. kendal, Menteng Jakarta Pusat
Telp: 021-31903013

Soto Betawi Asli Haji HUSEN
Jl. Padang Panjang No. 6 C
Manggarai - Jakarta Selatan
Telp: 021-83706476

Soto Betawi Ratu Plaza
Dapur Anggrek Food Court
Mall Taman Anggrek Lt.4
Jl. Letjen. S. Parman Kav.21
Jakarta Barat

Soto Betawi H. Mamat
Depan Dealer Suzuki BSD
Jalan Raya Serpong No.51
Telpon : 08131447633, 021-70285416

(odi/flo)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan