detikfood

Senin, 29/10/2012 15:48 WIB

Rekomendasi Redaksi

Mana Bakmi Godog Yang Paling Medhok dan Sedep?

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Mana Bakmi Godog Yang Paling Medhok dan Sedep? Foto: detikFood
Racikan mie khas Jawa memang paling pas dinikmati saat udara dingin. Porsinya royal dan rasanya juga gurih enak. Mie lidi yang diberi campuran ayam suwir, tomat, kol dan kekian terigu serta telur bebek ini jadi favorit banyak orang. Sluuurp gurihnya!

Seperti namanya, bakmi Jawa atau bakmi Jogja memang berasal dari Jogjakarta. Jenis yang dijual berupa bakmi rebus atau godog, bakmi goreng dan bakmi nyemek yang berkuah sedikit. Meskipun tersedia banyak varian, namun bakmi Jawa yang asli adalah yang di rebus atau godog. Bakmi ini biasanya dimasak di atas wajan besi dengan memakai tungku api arang.

Racikan bakminya cukup sederhana, selain mi yang kenyal lembut juga ada suwiran ayam kampung, telur bebek, kekian terigu, rajangan kol. Tomat, daun bawang dan seledri.Terkadang rajangan cabai rawit juga diberikan jika ingin rasanya lebih pedas.

Kuahnya kuning kecokelatan. Tekstur suwiran ayam kampung yang empuk dan kekian terigu yang kenyal menjadi ciri khas. Rasa gurihnya berasal dari telur bebek dan telur ayam yang ditambahkan ke dalam kuah. Bawang merah goreng dan acar timun melengkapi kelezatan bakmi ini.

Untuk menikmatinya tak perlu jauh-jauh datang ke Jogjakarta. Kini sudah banyak yang menjajakan bakmi Jawa di Jakarta dengan cita rasa yang tak jauh berbeda. Tentunya akan jadi obat rindu pada kampung halaman.

Ciri khas bakmi godog Jawa, selain memakai telur bebek, ayam kampung dan kaldunya juga bumbu khasnya. Rasa gurih kaldunya diperkuat dengan bumbu kemiri, bawang putih dan lada yang dihaluskan sehingga sering tercium aroma lada yang kuat dan segar. Bumbu ini membuat ras agurih yang medhok atau kuat.

Secara acak detikFood telah mencicipi bakmi Jawa dari 4 kedai tersohor di Jakarta. Bakmi Jawa Pak Haji Minto, Bakmi Jogja Haji Nawi, Warung Bakmi Mbah Surip dan Bakmi Jogja Jape Methe. Meskipun bakmi yang disajikan sama, namun masing-maisng punya gaya racikan berbeda.

Bakmi Jawa Pak Haji Minto yang legendaris, porsinya cukup bikin perut kenyang. Isianya ada mi, telur ayam yang di orak-arik, daging ayam potong dadu, irisan tomat, kol dan kekian terigu. Untuk sentuhan akhirnya ditaburi bawang merah goreng dan irisan seledri.

Minya yang berupa mi lidi kecil yang kenyal. Kuah kaldu berwarna kuning keru terasa gurih dengan aroma kaldu ayam yang kuat. Ditambahkan kecap atau sambal mmembuat kuahnya jadi pedas dan manis. Perporsi bakmi godog ini harganya terbilang murah hanya Rp. 12.000.

Kalau Bakmi Jogja Haji Nawi juga tak kalah enaknya, irisan kol, tomat dan daun bawang menyatu dengan kuah yang gurih berwarna kuning keruh. Bakmi godog disini menggunakan telur bebek dan suwiran daging ayam kampung yang kecokelatan. Ada rasa gurih telur yang kuat dengan kaldu yang gurih enak.

Jejak bawang putih begitu melekat pada kuahnya digodog bersama mi yang lembut kenyal. Juga ditaburi cincangan seledri dan bawang goreng ditaburkan. Porsinya sedang dan tak telalu mengenyangkan. Seporsi bakmi godog seharga Rp. 18.000 anda pilih.

Bakmi godog racikan Warung Bakmi Mbah Surip dibuat berbeda. Bakmi yang disajikan dalam piring ini, kuah dan minya berwarna kuning pucat. Suwiran daging ayam kampungnya besar-besar dilengkapi dengan kekian, kol dan tomat.

Minya jenis mi keriting yang lembut. Suwiran ayan yang gurih dengan rasa kaldu yang tak terlalu asin. Terlacak aroma bawang putih yang tidak terlalu kuat. Bumbunya terasa kurang mantap, mengambang. kampung. Harga per porsinya Rp. 15.000.

Lain halnya dengan bakmi godok racikan Bakmi Jogja Jape Methe. Kuah kaldunya lebih pekat dibanding yang lainnya. Seporsi bakmi godog ini berisi mi, kekian, irisan timun, daun bawang, tomat dan cabai. Telur orak-arik dan daging ayam suwir.

Mienya hampir sama dengan Bakmi Jawa Pak Haji Minto memakai jenis mie lidi kecil. Kuahnya terasa gurih dan tidak terlalu asin. Porsinya yang royal cocok saat sedang lapar berat. Sayangnya tidak terlacak gurih kemiri dan aroma bawang putih yang kuat. Rasanya cenderung datar saja. Per porsi dijual Rp. 18.000.

Meskipun menggunakan telur ayam dan suwiran daging ayam negeri, Bakmi Jawa Pak Haji Minto yang paling enak dan sedap. Kuah kaldunya yang gurih dengan aroma kaldu ayam, bawang putih dan kemiri yang kuat. Rasa kuahnya paling medhok atau mlekoh, mantap. Porsinya yang tak terlalu banyak cukup untuk menu makan malam.

Namun, jika tak suka rasa yang mlekoh atau medhok bisa coba bakmi godog dari Bakmi Jogja Haji Nawi dan Warung Bakmi Mbah Surip. Meskipun kekenyalan minya berbeda rasa kuahnya hampir mirip. Kalau Anda terbiasa makan dengan porsi besar, Bakmi Jogja Jape Methe bisa jadi pilihannya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencicipi semuanya, datang langsung ke kedainya. Dijamin bisa mengobati rindu pada kampung halaman.

Bakmi Jawa Pak Haji Minto

Halaman Parkir Stasiun Gondang Dia
Menteng Kecil Raya, Jakarta Pusat
Telp. 021 - 9705 3339

Bakmi Jogja Haji Nawi

Jl. Haji Nawi Raya 2,
Jakarta Selatan
Telp. 021 โ€“ 724 6011

Warung Bakmi Mbah Surip
(Masakan Khas Jogja)

Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan (Depan Medco)
Telp: 021-78839337

Bakmi Jogja Jape Methe

Warung Tenda Pasar Modern BSD City
Telp. 021 โ€“ 6887 8407

Jl. Pemuda No. 29
Rawamangun
Telp. 021 โ€“ 3227 5235

(odi/dyh)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan