detikfood
Rabu, 24/10/2012 16:35 WIB

Rekomendasi Redaksi

Ini Dia Donut Glaze Yang Paling Empuk dan Legit!

Flora Febrianindya - detikFood
Ini Dia Donut Glaze Yang Paling Empuk dan Legit! Foto: Detikfood
Donat jadi camilan paling populer di dunia. Variannya semakin beragam dan menarik, dengan rasa yang empuk enak dan manis. Dibuat dengan bahan dasar tepung, telur dan juga ragi. Dari sederetan penjual donat ada beragam jenis varian donat yang ditawarkan. Mana yang enak?

Si empuk manis donat memang tak pernah surut peminat. bentuknya yang bulat dengan lubang di tengah sudah jadi ciri khasnya sejak ratusan tahun lalu. Konon donat berlubang pertama kali dibuat oleh pria asal Amerika bernama Hanson Gregory di pertengahan abad ke 18.

Donat yang dulunya hanya dibuat dengan tambahan gula halus di sekelilingnya ataupun diberi topping meisjes kini sudah jauh bertransformasi. Tak cuma kedua varian tersebut, namun paduannya jadi lebih variatif. Dari mulai topping kacang tanah, kacang almond, krim, cokelat leleh, donat gurih, juga dengan aneka selai di dalamnya.

Jenis donut glaze juga banyak disukai karena terasa lebih ringan. Lapisan glaze dibuat dari campuran gula halus, susu, bubuk vanilla, juga sedikit garam. Donat yang sudah matang digoreng kemudian dicelupkan pada campuran ini, dan akan membentuk lapisan kristal di seluruh permukaan donat. Jenis donat glaze ini jadi salah satu varian yang selalu ada di beberapa gerai donat terkemuka.

Gerai donat terkemuka biasanya memiliki campuran tepung khusus, yang disebut dengan tepung premix. Merupakan campuran antara terigu, gula, telur, lemak, susu, garam, ragi, pengembang, juga air dan bahan lainnya. Dengan menggunakan tepung premix yang memakai tepung komachi, rasa dan kualitas donat yang dibuat di seluruh gerai bisa sama persis.

detikFood mencicipi 3 jenis donat dengan lapisan glaze dari gerai berbeda, yaitu Krispy Kreme, J.Co, dan juga donat yang dijual di gerai 7-Eleven. Ketiga jenis donat ini disebut-sebut memiliki tekstur yang mirip, yaitu ringan dan lembut. Hmm, kira-kira, mana yang paling enak?

Pertama kami mencicipi donat buatan Krispy Kreme. Warnanya coklat keemasan dengan lapisan glaze di sekelilingnya. Jika dilihat sekilas, lapisan gulanya lumayan tebal dengan tinggi donat sekitar 5 cm. Bila dihirup sekilas, ada aroma vanilla yang tercium.

Begitu digigit, nyess, rasanya empuk enak dengan rasa manis yang mendominasi. Donat seharga Rp. 7.800 ini cepat tandas di mulut. Rasanya manis empuk dengan rongga dalam yang lumayan padat.

Tak lupa kami membeli donut glazy buatan gerai ternama lainnya, yaitu J.Co Donuts&Coffee. donatnya memiliki tinggi sekitar 3,5 cm, sedikit lebih pendek dibandingkan buatan Krispy Kreme. Adonan donatnya tampak digoreng hingga menghasilkan warna coklat muda. Lapisan gulanya juga tak seheboh buatan Krispy kreme.

Saat masuk di mulut, rasa manis yang tercecap lidah terasa lebih pas. Ada rasa-rasa gurih yang enak mengimbangi rasa manis donat seharga Rp. 6.000 ini. Di beberapa gigitan, terasa banyak bagian kosong di dalamnya. Karena tipis dan ringan, donat ini dengan cepat 'menghilang' dalam mulut.

Agak berbeda dengan keduanya, kami juga mencoba donat glaze yang dijual di gerai 7-Eleven. Yang ini ukurannya lebih tinggi dan tampak lebih padat. Warna donatnya cokelat keemasan dengan glaze berwarna krem di atasnya. Donat seharga Rp. 5.500 ini tampak rapi dan menggiurkan.

Saat digigit, benar saja. Rasanya lebih padat dibanding donat sebelumnya. Tetap ringan, namun tidak banyak rongga kosong di dalamnya. Sesudah dinikmati, ada sedikit after taste asin di lidah, seperti rasa gurih dari penggunaan butter. Rasanya manis enak dan cukup memuaskan. Nyam!

Seusai mencicipi 3 donat tersebut, kami menyimpulkan jika suka donat dengan tekstur ringan, buatan J.Co lebih pas. Namun jika suka donat dengan rasa lebih manis dan lebih sedikit padat, donat Krispy Kreme tentu jadi pilihan. Nah, bagi yang suka paduan rasa manis yang pas dengan tekstur ringan namun berisi, donat glaze yang dijual 7-eleven tentu memuaskan lidah.

Tentu Anda punya pilihan masing-masing mengenai mana donat yang paling enak. Hmm, asyik juga nongkrong di gerai donat sore ini, sambil menikmati donat plus secangkir kopi nikmat! Nyam...


J.Co Donuts&Coffee

Pondok Indah Mall 1, GF No. 40 - 41
Jl. Metro Pondok Indah Blok 3 B

Mall Artha Gading, GF A1/ No. 1-3,
Jl. Boulevard Artha Gading Selatan No. 1

Citywalk Sudirman, GF
Jl. KH. Mas Mansyur No. 121

Pejaten Village, GF
Jl. Warung Jati Barat No. 39


Krispy Kreme

Pondok Indah Mall 2 GF, Gate 7
Jl. Metro Pondok Indah

Grand Indonesia Shopping Town
East Mall

Senayan City LG Floor
Jl. Asia Afrika Lot. 19


7-Eleven

Jl. Teluk Betung No. 33
Kebon Melati Tanah Abang Jakarta Pusat

Jl. Matraman Raya No. 12
Bali Mester Jatinegara Jakarta Timur

Jl. Kemang Raya No. 130
Bangka Mampang Prapatan Jakarta Selatan

(odi/flo)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close