detikfood
Jumat, 21/09/2012 12:08 WIB

Standar Tip Restoran di New York City Naik Jadi 25%

Flora Febrianindya - detikFood
Rumah Potong Hewan
  • RPH Itik Bebek
  • Delfarm Pineapple Pie
  • Uenaaak Pao Pandan Lapis Coklat
Lain-lain
Minuman dan Bahan Minuman
thumbnail Foto: Thinkstock
Di restoran tertentu, tip menjadi hal pokok yang harus diberikan oleh pengunjung. Namun, kini standar pemberian tip makin tinggi. Sebut saja di New York City, standar tip yang diberikan kini angkanya mencapai 25%!

Agaknya kebiasaan meninggalkan tip sesuka hati sudah tak bisa lagi dilakukan. Standar tip juga tak lagi ada di kisaran 10, 15, juga 20 persen. Menurut New York Post, kini angka normal pemberian tip jumlahnya mencapai 25 hingga 30 persen.

Sebagai contoh, Anda diharuskan membayar Rp. 130.000 untuk pesanan makanan sebesar Rp. 100.000. Karenanya, pengunjung restoran di New York harus bersiap membawa uang lebih di luar pesanannya. Karena persoalan tip juga, dikabarkan ada satu keluarga yang dikunci di dalam sebuah restoran di Houston, karena menolak membayar tip sebesar 17%.

Sebenarnya, tip diberikan sebagai ungkapan terima kasih atas pelayanan yang baik dari pihak restoran atau salah satu pegawai. Namun kini, hal tersebut sudah bergeser dan menjadi ladang penghasilan tambahan bagi para pegawai, khususnya mereka yang memiliki gaji minimal.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost (20/9/2012), kini banyak restoran yang langsung menambahkan tip dalam kertas tagihan pelanggan, tanpa meminta persetujuan terlebih dulu. Trik tersebut digunakan agar pengunjung langsung membayar tip sesuai standar restoran tersebut.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).