detikfood
Jumat, 14/09/2012 16:28 WIB

Sambal Goreng Daging Favoritku

gelie - detikFood
Minuman dan Bahan Minuman
  • Kopi Gula Creamer (3in1)
  • Kopi Plus Gula (2 in 1)
  • Bluestar
Jamu
Vitamin
thumbnail
Sudah menjadi kebiasaan keluargaku setiap lebaran pasti selalu ada menu sambal goreng daging ala Cirebonan dengan irisan cabe merah apalagi jika ditambah potongan petai segar yang menggugah selera siapa saja yang melihatnya dan dipadu dengan opor ayam atau kari ayam. Hhhm nyamiii...

Sampai suatu ketika di lebaran pertama dalam kehidupan baru berumah tangga. Karena berlebaran pertama di rumah mertua dan didaerah yang baru maka aku putuskan untuk mengikuti tradisi di sini termasuk menu lebarannya.

Namun ketika tahu bahwa menu yang akan disajikan tidak ada yang cocok dengan seleraku akhirnya iseng malam menjelang lebaran aku memutuskan untuk memasak sambal goreng kesukaanku dan itu perlu waktu banyak karena aku harus mengiris cabe merah dalam jumlah banyak. Bayangkan dengan perbandingan 1 kg daging aku membutuhkan 1 kg cabe merah untuk diiris dan karena untuk lebaran pastinya aku buat agak banyak untuk mencukupi seluruh keluarga.

Tanpa disangka esoknya lebaran ternyata sambal gorengkulah yang habis duluan dan mertua minta supaya dibuatkan lagi , waduhhhh, mereka masih belom puas karena memang sambal gorengku rasanya tidak terlalu pedas seperti tampilannya yang merah bagai sambal (lha namanya juga sambal goreng ).tapi cukup menggugah selera jadi tidak eneg meski dipadu dengan makanan bersantan lainnya.

Kalau harus buat lagi pasar kan masih belum buka .....

Sekian ceritaku
Salam
Yuyun Junyarti
Bandung

(gls/gls)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close