detikfood
Rabu, 22/08/2012 13:02 WIB

Petah, Si Lembut Gurih Khas Banjar

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Roti dan Kue
  • Snackit Moon Cake
  • Snackit Kue Pia 100 rasa rasa pandan
  • Snackit Kue Pia 100 rasa kacang merah
Ikan dan Produk Olahannya
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: fathocake.blogspot.com
Kalau berlebaran di kota asal pasti ada sajian khas tradisional yang sulit dijumpai di Jakarta. Seperti kue yang satu ini, disajikan saat Lebaran selain ketupat dan lauk-pauknya. Kue yang dikukus ini dimakan dengan kuah santan kental yang gurih.

Kue petah disebut juga dengan petah Asia. Warnanya yang hijau selalu disajikan saat lebaran di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bahan untuk membuat kue ini mudah didapat, seperti tepung beras, air pandan dan daun suji, kapur sirih, serta garam.

Semua adonan dicampur dan didihkan sambil diaduk hingga kental. Setelah itu adonan bisa dituang pada loyang yang sudah diolesi minyak dan kukus hingga matang. Rasanya yang gurih lezat ini dipotong-potong tipis bentuk wajik.

Tidak lengkap rasanya jika dimakan tanpa disiram sausnya. Sausnya disebut 'tahi lala' atau santan kental. Untuk membuat kuahnya juga sangat mudah. Rebus santan kental bersama bersama garam hingga berminyak. Jika ingin disiram diatas kue petah yang matang baru taburi bubuk merica dan bawang goreng.

Kue talam khas Kalimantan Selatan ini, mungkin hanya bisa dijumpai di kota asalnya. Terutama saat bulan puasa, hampir setiap hari bisa dibeli di pasar wadai atau pasar jajan pasar dan kue di Banjarmasin. Rasanya yang gurih lembut sangat cocok buat sajian berbuka atau menjamu tamu.


(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).