detikfood
Rabu, 08/08/2012 15:28 WIB

Rekomendasi Redaksi

Kornet Kalengan Mana yang Paling Gurih Untuk Sahur?

Fitria Rahmadianti - detikFood
thumbnail Foto: Detikfood
Sering telat bangun sahur membuat kebanyakan orang merasa perlu menyimpan stok makanan instan. Salah satunya adalah kornet kalengan. Olahan daging sapi ini cocok untuk hidangan sahur karena praktis dan berprotein tinggi. Dari sekian merk di pasaran, mana kornet kalengan yang paling enak?

Kornet adalah daging sapi giling yang diawetkan dalam air garam kemudian dimasak dengan cara direbus. Daging yang digunakan biasanya terbuat dari bagian yang mengandung serat memanjang seperti brisket atau paha atas. Di pasar swalayan, biasanya kornet dijual dalam bentuk frozen food dan kalengan.

Kornet kalengan biasanya terbuat dari daging sapi, tepung terigu, gula, garam, dan bumbu. Selain itu, pembuatan kornet juga membutuhkan polifosfat dan natrium nitrit.

Polifosfat digunakan untuk membantu proses pembuatan kornet dan meningkatkan kualitasnya. Sementara natrium nitrit berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan mikroorganisme, mengawetkan, serta memberi rasa khas dan warna merah atau pink pada kornet. Makanya kornet kalengan memiliki masa simpan lebih lama dibanding kornet frozen food dan tidak perlu disimpan di kulkas jika belum dibuka.

Daging kornet kalengan biasanya sudah matang dan siap disantap, sehingga cocok untuk menu sahur. Apalagi kornet tinggi protein, sehingga dapat memberi asupan nutrisi yang bagus.

Kornet membuat mie instan, nasi goreng, dan spaghetti terasa lebih nikmat. Olahan daging sapi ini bisa dicampur dengan telur dan dimasak menjadi omelet, atau dihaluskan dengan kentang sebagai perkedel. Kalau mau yang lebih praktis, tinggal campurkan kornet, nasi, dan kecap, lalu aduk-aduk hingga rata.

Di pasaran merk kornet Pronas, Cip, dan Baliko cukup ternama. Semuanya sudah bersertifikat halal dari LPPOM MUI. Detikfood mencicipi ketiganya untuk mengetahui kornet mana yang paling enak.Next

(odi/fit)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).