detikfood
Jumat, 03/08/2012 17:16 WIB

Makan 600 kalori Bikin Umur Lebih Panjang

Fitria Rahmadianti - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Daging & Daging Olahan
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak sedikit orang yang punya nafsu makan besar. Makan memang diperlukan untuk kelangsungan hidup. Karenanya banyak yang menjadikannya alasan untuk makan banyak. Faktanya, penelitian menunjukkan jika orang yang berumur panjang justru yang paling sedikit makan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Michael Mosley dalam penelitiannya di University College London. Menurutnya, mengurangi porsi makan 40% lebih sedikit bisa memperpanjang usia hingga 20 tahun lamanya. Iapun menyarankan untuk makan 600 kalori saja perhari.

Menurut Mosley, kebanyakan makan malah membuat kondisi tubuh menurun dibandingkan makan dengan jumlah tertentu. “Sebenarnya, penuaan disebabkan oleh sistem metabolisme yang terlalu aktif, yang sejalan dengan peningkatan masuknya radikal bebas,” kata Mosley.

Bahkan ditambahkan Mosley, berpuasa sangat baik untuk kesehatan sistem metabolisme. Tak hanya itu, terbatasnya asupan makanan saat berpuasa bisa membuat jantung lebih sehat. “dengan membatasi kalori ataupun berpuasa, tubuh akan beradaptasi dan kerja sistem metabolisme tidak terlalu diforsir,” kata Mosley.

Institute of Health Ageing University College London juga menyarankan untuk menurunkan porsi makan hingga 40%. Kondisi metabolisme yang sehat bisa mempertahankan hidup seseorang hingga 20 tahun. Berpuasa juga disebut memberikan efek positif yang sama dengan mengurangi asupan kalori.

(odi/flo)


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com
    Telepon 021-7941177 (ext.524).