detikfood
Sabtu, 28/07/2012 12:17 WIB

Mampir Makan Bakso Wonogiri di Jakarta

Fitria Rahmadianti - detikFood
Mampir Makan Bakso Wonogiri di Jakarta Foto: www.detikfood.com
Semangkuk bola-bola daging berendam dalam kuah yang wangi mengepul. Tebaran bawang merah goreng dan seledri pun bertebaran di kelilingnya. Bakso kenyal dengan potongan tahu inipun menebarkan aroma gurih menggelitik. Wah, tak sabar rasanya menanti detik-detik berbuka tiba!

Wonogiri yang terletak di bagian tenggara provinsi Jawa Tengah memang terkenal akan bakso dan mie ayamnya. Tak heran banyak tukang bakso dari kabupaten ini yang merantau ke daerah lain di Indonesia. Di Jakarta, ada Bakso Lapangan Tembak dan Titoti yang punya banyak cabang.

Sebagai rumah makan yang menjual bakso sebagai menu utama, Titoti dikenal akan namanya yang unik. Konon, Slamet Riyanto si pendiri bakso Titoti mendapat nama ini dari suku kata terakhir nama anak-anaknya, yakni Nuryanti, Hertanto, dan Dian Susanti.

Mumpung di Kebon Jeruk, saya mampir ke Titoti. Rumah makan ini tergolong sederhana namun kapasitasnya cukup besar. Pada jam-jam tertentu warung bakso ini selalu ramai dipadati pelanggannya.

Di dinding tertera menu dan harganya. Pilihan makanannya terbatas hanya bakso, mie ayam, dan siomay. Minumannya lebih variatif, di antaranya adalah es campur, es kelapa, jus, teh, dan softdrink.

Saya memesan bakso dan segelas es kelapa. Seporsi bakso berisi enam buah bakso, campuran urat dan halus, plus tahu dan tetelan kikil. Bakso uratnya lembut dan lumayan nikmat, terkadang uratnya terjejak. Justru bakso halusnya yang terasa lebih kenyal. Kuahnya bening namun terlihat berminyak. Seledri dan bawang goreng jadi taburan wajib. Sayang, rasanya kurang gurih.

Segelas es kelapa menjadi padanan yang cocok dengan semangkuk bakso. Minuman ini diberi sirup merah sebagai pemanis. Kerukan daging kelapanya tipis dan terasa agak renyah karena menjelang tua. Proporsi es batu, air kelapa, dan sirup nampaknya kurang pas karena minuman ini terasa kurang manis.

Masih haus, saya memesan es lemon tea. Lagi-lagi terasa kurang manis di lidah saya. Mungkin memang begini ciri khas minuman di sini. Rasa lemonnya juga kurang nendang sehingga relatif hambar.

Bakso Titoti ini kurang begitu istimewa buat saya. Meski demikian, tempat ini patut disambangi kalau terjebak hujan, kedinginan, atau ingin memuaskan ngidam bakso di malam hari. Sekedar sebagai pembuka puasa juga oke!

Bakso Titoti
Jl. Kebon Jeruk Raya No. 44 (depan SMPN 75)
Jakarta Barat
Telepon: 021-5483990

Jl. Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan, Sebelah Makam Pahlawan Kalibata
Jakarta Selatan

Jl. KH Asahari, Pinang Ciledug
Tangerang

Jl. Arya Putra, Kedaung Ciputat
Tangerang


(odi/fit)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close