detikfood
Rabu, 25/07/2012 13:52 WIB

Keju Berpotensi Turunkan Risiko Diabetes

Deani Sekar Hapsari - detikFood
Lain-lain
  • Tokusil FC-L
  • Tokusil FC-H
  • Tokusil FC
Rumah Potong Hewan
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: thinkstock
Jakarta - Produk olahan susu yang satu ini banyak digemari orang di dunia. Rasanya gurih dan sarat akan nutrisi. Bukan hanya enak diolah menjadi beragam hidangan dan kue, keju juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Keju pun bisa mengurangi risiko diabetes.

Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition meniliti tentang hubungan antara produk susu dan diabetes. Penelitian ini menemukan tidak ada korelasi antara asupan produk susu dan munculnya penyakit diabetes.

Tetapi ternyata salah satu produk olahan susu yaitu keju memperlihatkan hasil sebaliknya. Setelah diuji, ternyata semakin banyak keju yang dikonsumsi seseorang, semakin turun resikonya terkena diabetes.

Peneliti mengemukakan bahwa proses fermentasi pada pembuatan keju membantu melindungi tubuh melawan diabetes dan penyakit jantung. Karenanya produk fermentasi susu yang lain seperti yogurt juga memiliki khasiat yang sama.

"Tak ada alasan untuk mengubah konsumsi produk susu karena diabetes," tutur Ian Frame dari Diabetes UK pada Telegraph.


(odi/dyh)


Komentar (0 Komentar)

     atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        

    Twitter Recommendation
    Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com
    Telepon 021-7941177 (ext.524).