detikfood

Sabtu, 14/07/2012 12:28 WIB

Ngohiong, Paduan Lima Rempah yang Semerbak

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Ngohiong, Paduan Lima Rempah yang Semerbak Foto: thinkstock
Perpaduan berbagai jenis rempah menjadi satu menjadi salah satu ciri kuliner Asia. Termasuk bumbu dari ngeri tirai bambu ini. Lima jenis rempah yang unik dipadukan menjadi satu. Aroma harumnya sangat cocok untuk memasak ayam dan daging.

Satu lagi bumbu khas masakan Cina yang bisa mengoyang lidah penikmatnya. Ngohiong yang populer dengan sebutan 'five spice powder' merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Adas, cengkeh, merica, pekak dan kayu manis dan ditumbuk jadi satu. Menciptakan rasa manis, asam, pedas, pahit dan asin.

Bumbu yang wangi unik ini biasanya dipakai untukmembumbui hidangan panggang seperti ayam dan daging. Termasuk beragam hidangan adaptasi dari Cina. Tak jarang bumbu ini juga disajikan sebagai condiment, sebagai penyedap rasa dalam bentuk bubuk seperti garam dan merica.

Selain sangat populer dalam masakan Tionghoa, sering juga digunakan dalam masakan Asia. Perpaduan rasa dan aroma bumbu ini didasarkan dari filsafah bangsa China dalam menyeimbangkan 'yin' dan 'yang' dalam masakan.

Bumbu siap pakai berwarna sedikit cokelat kemerahan ini bisa dibeli di toko swalayan hinga pasar tradisional. Jadi tak perlu repot meraciknya sendiri.

(odi/dyh)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan