detikfood
Jumat, 13/07/2012 14:14 WIB

Carpigiani Gelato Museum Akan Dibuka Bulan September

Mutiara Adistie Putri - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Daging & Daging Olahan
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail Foto: Flickr/Laura Padgett
Jika Anda ingin berlibur ke Italia, sebaiknya mampirlah mengunjungi kota di utara Bologna. Pasalnya, yayasan Carpigiani berencana membuka museum yang ditujukan untuk gelato pada September ini.

Carpigiani Gelato Museum akan menampilkan resep gelato yang pertama kali ditulis di dunia, 10.000 foto, dan sekitar 20 mesin kuno pembuat gelato, termasuk yang pertama dioperasikan dengan tangan, yang terbuat dari kayu dan besi.

Ruangan seluas 1.000 meter persegi yang harganya diperkirakan sekitar Rp 18.9 milyar ini dibangun oleh perusahaan manufaktur gelato Carpigiani. Museum ini terletak di bekas markas perusahaan di Anzola Emilia, luar Bologna. Rencananya museum ini akan dibuka pada tanggal 27 September mendatang.

Sebuah rilis pada website perusahaan mengatakan bahwa “tujuan dari Carpiagiani Gelato Museum adalah untuk menjadi acuan, memberi info asal muasal dan sejarah gelato. Juga tentang pembuat es krim yang memproduksi makanan dengan kreatif untuk dinikmati orang seluruh dunia,” jelas Romano Verardi, President of the Bruto and Poerio Carpigiani Foundation.

Menurut arsitek dan kurator, selain tentang sejarah, museum juga dilengkapi tur interaktif dengan tiga tema utama tentang gelato. Temanya adalah evolusi gelato dari waktu ke waktu, sejarah teknologi produksi, serta tempat dan sarana untuk mengonsumsi gelato. Lebih dari 20 mesin asli akan ditaruh di Carpiagiani Gelato Museum bersama presentasi multimedia, 10.000 gambar dan dokumen sejarah, aksesoris berharga dan alat-alat perdagangan dari berabad-abad lalu, wawancara video, serta lokakarya.

Menurut Luciana Polliotta, yang kebetulan sejarawan gelato, penemu gelato masih belum diketahui. Bisa jadi penjajah dari Arab di Spanyol dan Sisilia serta Roma kuno.

Pembuatan sorbet dan sherbet dimulai sekitar 1200 SM dengan salju dan es yang dikumpulkan dari puncak gunung. Harganya sangat mahal, hanya keluarga aristokrat seperti Madici yang bisa membeli.

(odi/fit)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).