detikfood
Senin, 02/07/2012 13:59 WIB

Rekomendasi Redaksi

Hmm... Yummy Chewy Crunchy, Mana Brownies Paling Enak?

Flora Febrianindya - detikFood
Minyak, Emulsi dan Lemak
  • TRHPO
  • FORTUNE FRYING
  • DENOIL
Restoran
Roti dan Kue
thumbnail Foto: Detikfood
Meskipun sudah tidak sepopuler dulu, brownies kini tetap jadi favorit banyak orang. Cake cokelat pekat ini punya banyak paduan. Dari aneka kacang hingga keju yang gurih enak. Kira-kira brownies mana ya yang paling enak saat ini?

Brownies mudah ditemui di toko-toko kue. Ada yang polos cokelat, namun ada juga ditambah keju parut, chocolate chips, kismis, almond, atau kurma. Harganyapun bervariasi tergantung kualitas cokelat yang digunakan. Biasanya dijual seloyang standar 30x10x3 cm atau dalam bentuk potongan.

Sebenarnya, tak terlalu sulit untuk membuat brownies yang lezat. Karena sebenarnya cake ini adalah cake bantat asal muasalnya. Bahannya terdiri dari mentega, dark cooking chocolate, gula, telur, dan terigu. Semua bahan tinggal dicampur kemudian dipanggang.

Brownies cokelat pertama kali dibuat di Amerika sekitar akhir tahun 1900-an. Konon, brownies cokelat pertama kali dibuat oleh seorang chef yang mencampurkan bahan-bahan yang tak sengaja menghasilkan cake bantat. Tak disangka cake bantat ini justru disukai banyak orang hingga kini.

Brownies yang dijual memang ada dua jenis. Ada versi yang chewy lembab dan ada yang agak kering crunchy. Detikfoodpun mencoba mencicipi 3 brownies. Buatan Prima Rasa, The Cookie Lady, juga Belinda Brownies. Hmm, kira-kira, mana ya yang paling enak?

Brownies cokelat panggang buatan Prima Rasa Bakery tampak menggiurkan dengan irisan almond di atasnya. Permukaannya berkerut dan retak-retak. Dari tampilannya, bisa ditebak jika teksturnya crunchy dan legit. Seloyang brownies di toko kue legendaris ini harganya Rp 40.000 untuk ukuran sekitar 26x10 cm.

Begitu digigit, teksturnya memang renyah dan kering! Bahkan hingga ke bagian dalam browniespun teksturnya tetap kering. Irisan almond juga membuatnya jadi semakin kriuk. Rasa cokelatnya terasa pekat enak dengan rasa-rasa garing di lidah. Hmm, paduan cokelat dan almond memang selalu pas!Next

(odi/fit)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).