detikfood

Rabu, 27/06/2012 15:48 WIB

Rekomendasi Redaksi

Gado-gado Siram Paling Segar se Jakarta!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Gado-gado Siram Paling Segar se Jakarta! Foto: detikfood
Gado-gado dan Jakarta. Dua hal yang tak bisa dipisahkan. Racikan salad gaya Batavia ini isinya sayuran segar dengan siraman saus kacang yang gurih-gurih pedas. Disantap saat udara panas, sungguh lezat. Inilah 3 gado-gado siram jagoan Jakarta.

Gado-gado sangat terkenal di Jakarta. Bisa didapat di restoran, rumah makan hingga warung pinggir jalan. Racikannya berisi sayuran rebus berisi bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, kol dan mentimun. Telur, tempe, tahu goreng, bawang merah goreng dan selada kadang menjadi pelengkapnya.

Sausnya kental cokelat kemerahan. Dibuat dari kacang tanah, cabai, gula merah, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Air asam Jawa ditambahkan untuk memberi aksen asam segar yang enak. Taburan emping dan kerupuk kanji menjadi pelengkap gado-gado ini. Rasanya tentu saja segar, pedas, gurih sekaligus renyah!

Tiga rumah makan legendaris di Jakarta ini, masing-masing punya bumbu andalan yang dibuat untuk pelanggan setianya. Detikfood sudah mencicipi keunikan rasa gado-gado di Jakarta. Gado-gado Cemara, gado-gado Bonbin dan gado-gado Boplo.

Gado-gado Cemara, isiannya tidak berbeda dengan gado-gado pada umumnya. Kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kentang plus tahu. Uniknya bumbu kacang di gado-gado cemara dicampur dengan kacang mede dan warna bumbu tetap cokelat kemerahan dan kental. Teksturnya halus meski bumbu yang diuleg langsung saat dipesan. Rasa pedasnya berpadu dengan manis, gurih, pedas dan sedikit asam.

Lontongnya bertekstur kenyal lembut. Taburan emping melinjo dan bawang goreng menjadi sentuhan akhir. Harga gado-gado disini terbilang mahal namun sangat sesuai dengan porsinya yang super jumbo. Satu porsinya yang seharga Rp. 30.000.00 bisa dinikmati untuk tiga orang.

Gado-gado Bon-bin yang melegenda ini juga tak kalah lezat. Isiannya mentimun, kacang panjang, tauge, kol, bayam dan telur rebus. Setelah disiram bumbu kacang yang sedikit manis dan sangat lembut, diberi taburan kerupuk udang dan bawang goreng.

Agaknya bumbunya diblender karena teksturnya halus lembut. Jika ingin pedas sambal cabairawit hijau disajikan terpisah. Porsinya yang sedikit bisa tambahkan lontong yang teksturnya lembut kenyal. Satu porsi gado-gado Bonbin dijual seharga Rp. 22.000.00.

Kalau yang satu ini memang cukup terkenal yaitu gado-gado Boplo. Sudah membuka banyak cabang dengan gaya modern. Racikan gado-gado yang berawal di Jl. Boplo ini isinya selada, kol, kentang, kacang panjang, tauge, timun, tahu, telur rebus dan lontong. Disiram bumbu kacang yang cokelat kemerahan. Dilengkapi emping dan bawang goreng ada juga kerupuk udang.

Rasa bumbunya hampir sama dengan gado-gado Cemara yang menambahkan kacang mede. Teksturnya juga sangat halus, mirip gado-gado Bonbin. Harga per porsi Rp. 25.000.00.

Dari ketiga gado-gado yang telah dicicipi Detikfood, gado-gado buatan Cemara yang paling berbeda. Bumbu kacang yang dicampur dengan kacang mede diulek langsung oleh penjualnya memberi aksen butiran kacang masih terasa renyah segar di mulut. Harganya yang mahal sepadan dengan porsinya.

Gado-gado buatan Bonbin dan Boplo juga tak kalah enaknya. Bagi yang suka porsi sedang gado-gado buatan Boplo bisa jadi pilihan tepat. Kalau yang tak terbiasa makan banyak porsi kecil gado-gado Bonbin dengan bumbu gurih mulis bisa dicicipi.

Bagi yang penasaran dan masih menduga-duga rasanya, langsung saja datangi salah satu dari tiga rumah makan ini.

Gado-gado Bonbin
Jl Cikini IV No. 5
Jakarta Pusat
Telp: 021-3141539

Gado-gado Cemara
Jl. Tanah Abang 5 No.36
Jakarta Pusat
Telpon: 021 34831897
Buka: Selasa – Minggu jam 08.00 – 17.00

Gado-gado Boplo
Jl. Gereja Theresia No. 41
Jakarta Pusat
Telp: 021 390 6971 / 021 390 1511




(odi/dyh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan