detikfood
Rabu, 27/06/2012 15:48 WIB

Rekomendasi Redaksi

Gado-gado Siram Paling Segar se Jakarta!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Minyak, Emulsi dan Lemak
Sayuran dan Olahannya
thumbnail Foto: detikfood
Gado-gado dan Jakarta. Dua hal yang tak bisa dipisahkan. Racikan salad gaya Batavia ini isinya sayuran segar dengan siraman saus kacang yang gurih-gurih pedas. Disantap saat udara panas, sungguh lezat. Inilah 3 gado-gado siram jagoan Jakarta.

Gado-gado sangat terkenal di Jakarta. Bisa didapat di restoran, rumah makan hingga warung pinggir jalan. Racikannya berisi sayuran rebus berisi bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, kol dan mentimun. Telur, tempe, tahu goreng, bawang merah goreng dan selada kadang menjadi pelengkapnya.

Sausnya kental cokelat kemerahan. Dibuat dari kacang tanah, cabai, gula merah, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Air asam Jawa ditambahkan untuk memberi aksen asam segar yang enak. Taburan emping dan kerupuk kanji menjadi pelengkap gado-gado ini. Rasanya tentu saja segar, pedas, gurih sekaligus renyah!

Tiga rumah makan legendaris di Jakarta ini, masing-masing punya bumbu andalan yang dibuat untuk pelanggan setianya. Detikfood sudah mencicipi keunikan rasa gado-gado di Jakarta. Gado-gado Cemara, gado-gado Bonbin dan gado-gado Boplo.

Gado-gado Cemara, isiannya tidak berbeda dengan gado-gado pada umumnya. Kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kentang plus tahu. Uniknya bumbu kacang di gado-gado cemara dicampur dengan kacang mede dan warna bumbu tetap cokelat kemerahan dan kental. Teksturnya halus meski bumbu yang diuleg langsung saat dipesan. Rasa pedasnya berpadu dengan manis, gurih, pedas dan sedikit asam.

Lontongnya bertekstur kenyal lembut. Taburan emping melinjo dan bawang goreng menjadi sentuhan akhir. Harga gado-gado disini terbilang mahal namun sangat sesuai dengan porsinya yang super jumbo. Satu porsinya yang seharga Rp. 30.000.00 bisa dinikmati untuk tiga orang.

Gado-gado Bon-bin yang melegenda ini juga tak kalah lezat. Isiannya mentimun, kacang panjang, tauge, kol, bayam dan telur rebus. Setelah disiram bumbu kacang yang sedikit manis dan sangat lembut, diberi taburan kerupuk udang dan bawang goreng.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2 3

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).